get app
inews
Aa Read Next : 5 Manfaat Sinar Matahari Bagi Tubuh, Nomor 3 Jarang Orang Tahu

5 Barang yang Bisa Bikin Kamu Jatuh Sakit, Sepatu Bisa Sebabkan Radang Usus

Selasa, 07 Februari 2023 | 08:35 WIB
header img
5 Barang yang Bisa Bikin Kamu Jatuh Sakit, Sepatu Bisa Sebabkan Radang Usus (Foto : Freepik)

JAKARTA, iNewsPandeglang.id - Tahukah kamu? ternyata ada beberapa barang yang bisa bikin kamu jatuh sakit lho. Ya, barang-barang rumah tangga di sekeliling kita rupanya berpotensi menjadi sumber penyakit apabila tidak dirawat dengan tepat.

Dilansir dari New York Post pada Selasa (07/02/2023), berikut adalah barang-barang yang bisa bikin kamu jatuh sakit.

 1. Sepatu

Hampir setiap orang punya sepatu, tapi tak semua orang tahu bahwa 45 persen sepatu memilki bakteri seperti Clostridioides difficile, atau C. diff yang dapat memicu gejala gastrointestinal, ini bisa menyebabkan kolitis atau peradangan pada usus besar.

2. Microwave

Siapa yang suka menghangatkan makanan di microwave? Jangan lupa bersihkan sisa-sisa makanan yang tercecer dalam microwave, sebab apabila dibiarkan akan beresiko makanan tercemar bakteri E. coli dan Salmonella. Dua bakteri tersebut bisa menyebabkan usus sakit hingga menimbulkan gejala seperti diare, mual, demam dan kelelahan.

3. Serbet

Menurut dokter Jordan, serbet merupakan salah satu benda yang paling kotor di dalam rumah. Karena barang tersebut digunakan untuk mengelap area permukaan yang kotor. Biasanya serbet dibiarkan basah di wastafel tempat mencuci piring. Hal tersebut jelas membuat bakteri bersarang di dalamnya. Salah satu tips yang bisa dilakukan yaitu dengan cara merendam serbet dalam air mendidig selama 15 menit, dan dilakukan secara rutin setiap minggu. 


4. Talenan

Di setiap rumah, idealnya memiliki 2 talenan berbeda untuk daging dan sayuran. Hal itu untuk menghindari kontaminasi silang antara bakteri yang terdapat dalam daging atau ikan dan yang ada pada sayuran. Ganti talenan yang sudah berjamur dan usang dengan yang baru. Jika diamati, celah-celah dalam talenan yang kotor itu merupakan sarang dari berbagai macam bakteri.

5. Handuk

Handuk yang jarang dicuci merupakan sumber penyakit, menurut dokter Jordan sebaiknya seseorang memiliki dua handuk berbeda untuk mandi dan mencuci tangan. The Cleaning Institute merekomendasikan untuk mengganti Handuk setelah tiga kali pemakaian.


 

Editor : Iskandar Nasution

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut