get app
inews
Aa Read Next : Tuntut UMK 2024 Naik 28 Persen, Massa Buruh Geruduk Kantor Bupati Lebak

Sempat Ambruk, Pembangunan Jembatan di Panggarangan Dimulai, Target Selesai 4 Bulan

Senin, 06 Februari 2023 | 11:56 WIB
header img
Sempat Ambruk, Pembangunan Jembatan di Panggarangan Dimulai, Target Selesai 4 Bulan. Foto iNews/Eman Bayah

LEBAK, iNewsPandeglang.id - Pembangunan jembatan Sungai Cimancak di Kampung Babakan, Desa Hegarmanah, Kecamatan Panggarangan, Lebak, Banten sudah dimulai dan ditargetkan akan selesai 120 hari kerja  atau 4 bulan.

Diketahui jembatan gantung permanen itu  menghubungkan tiga desa yaitu Desa Hegarmanah, Sukajadi dan Desa Sindangratu tersebut pada November tahun lalu ambruk akibat banjir yang terjadi menerjang kawasan itu.

Apid Hamidi, Kepala Desa Hegarmanah mengatakan bahwa pembangunan jembatan ini sudah dimulai sejak 31 Januari 2023 sejak material tiba. Jembatan ini dibiayai  oleh APBD BTT tahun anggaran 2023 dibawah pengawasan BPBD Kabupaten Lebak yang merupakan kegiatan penanggulangan bencana/ tanggap darurat.


Apid Hamidi, Kepala Desa Hegarmanah. Foto iNews/Eman Bayah

 

"Ini anggaran kabupaten yang dibiayai BTT (Biaya Tak Terduga) yang kita usulin ke PUPR Lebak, BPBD Lebak, Alhamdulillah direkom oleh Ibu Bupati total anggaran kurang lebih Rp1,89 miliar mau deket ke Rp1,9 miliar," ucapnya di lokasi Sabtu, (4/2/2023).

Sebelum ambruk jembatan tersebut, lanjut kades awalnya swadaya masyarakat ditambah anggaran desa sehingga terbentuklah, namun hanya bertahan 5 tahun lantaran ambruk pada tahun lalu diterjang banjir. 

Pihaknya juga merespon positif  kepada Pemkab Lebak  telah merespon harapan masyarakat terkait jembatan tersebut dimana infrastruktur ini sangat vital yang menghubungkan 3 desa. Adapun untuk material besi-besi bekas dahulu yang telah ambruk sudah dimusyawarahkan dengan masyarakat akan dikelola pihak desa untuk kepentingan masyarakat.

Apid  menambahkan proses pembangunan kontruksi jembatan akan mereka monitoring dan dipastikan sesuai SOP  serta mengendapankan faktor keamanan di lapangan.

Editor : Iskandar Nasution

Follow Berita iNews Pandeglang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut