get app
inews
Aa Read Next : Heboh PT SBJ di Lebak Diduga Cemari Lingkungan hingga Disegel, Begini Fakta Sebenarnya

DPR Geram dan Desak PT GNI Ditutup Akibat Bentrok TKA China dan Pekerja Pribumi di Morowali

Senin, 16 Januari 2023 | 17:42 WIB
header img
Bentrok TKA China dengan Pekerja Pribumi di Morowali Utara. Foto Tangkapan Layar Video Viral

MOROWALI UTARA, iNewsPandeglang.id - Anggota Komisi VII DPR RI dari Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Mulyanto mendesak pemerintah mengaudit izin teknologi yang digunakan perusahaan tambang PT Gunbuster Nickel Industry (GNI). 

Hal tersebut buntut peristiwa mencekam terjadi bentrokan yang diduga antara TKA China dengan pekerja pribumi  di area smelter perusahaan di Morowali Utara  yang mengakibatkan korban jiwa 2 pekerja meninggal dunia. 

Tak hanya itu, dikabarkan seleb TikTok Nirwana Selle pun tewas.  Bentrokan terjadi sejak Sabtu 14 Januari 2023 siang sampe malam hari sehingga terjadi dugaan pembakaran sejumlah alat berat milik perusahaan. 

Menurut Mulyanto, pemerintah  jangan sungkan mengambil tindakan tegas kepada PT GNI karena lalai menjamin keamanan, keselamatan kerja karyawan, sehingga terjadi kebakaran tungku smelter yang menewaskan dua orang pekerja. Salah satunya seleb TikTok Nirwana Selle.

Dia juga juga mendesak Pemerintah menghentikan kegiatan di PT GNI untuk sementara, dan kemudian audit teknologi, bukan hanya terkait soal Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3).

"Yang juga kita khawatirkan adalah pabrik ini mengadopsi sistem teknologi usang; komponen peralatan yang berkualitas rendah; serta manajemen teknologi yang beresiko tinggi dan membahayakan bagi pekerja dan masyarakat," kata Mulyanto, Senin, (16/1/2023)

Akan tetapi jika terbukti ada kelalaian pihak manajemen dalam menjamin keamanan dan keselamatan kerja karyawan perlu ada pemberian sanksi.

Mulyanto juga menyebut Pemerintah jangan menganggap remeh bentrok yang menewaskan dua orang karyawan tersebut.

"Karena bisa jadi hal tersebut dipicu oleh masalah yang lebih mendasar. Bukan semata-mata karena salah paham antarkelompok pekerja. Apalagi bentrok ini terjadi setelah terjadi insiden kebakaran dan mogok kerja pegawai," katanya.

Dia juga meminta pemerintah tegas dan adil menyikapi bentrok berdarah serta penegakan hukum agar semua pihak mendapat keadilan sebagaimana mestinya.

Artikel ini telah tayang di halaman okezone.com dengan judul Bentrok TKA China hingga Seleb TikTok Nirwana Selle Tewas, DPR Geram Desak PT GNI Ditutup!

Editor : Iskandar Nasution

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut