get app
inews
Aa Read Next : ASDP Sebut Sabtu 6 April Jadi Puncak Arus Mudik Lebaran 2024 di Pelabuhan Merak

H-4 Nataru 2023, Antrean Kendaraan Pribadi Membludak di Pelabuhan Merak

Rabu, 21 Desember 2022 | 22:41 WIB
header img
H-4 Nataru 2023, Antrean Kendaraan Pribadi Membludak di Pelabuhan Merak. Foto iNews/ Iskandar Nasution

CILEGON, iNewsPandeglang.id - H-4 Natal dan Tahun Baru 2023 ratusan kendaraan pribadi yang akan menyebrang ke Pulau Sumatera dari Pulau Jawa membludak di Dermaga Ekskutif Pelabuhan Merak, Kota Cilegon, Banten.

Dari data yang berhasil dihimoun PT ASDP Indonesia Ferry Cabang utama Merak, realisasi total penumpang mencapai 37.212 orang dan 8.295 unit kendaraan yang telah menyebrang dari Pelabuhan Merak ke Pelabuhan Bakauheni, Lampung.


Arus Lalu lintas Penyebrangan di Pelabuhan Merak H-6 Nataru 2023. Foto istimewa

Antrean kendaraan pribadi dan Bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) dari Pulau Jawa yang hendak melintas ke Pulau Sumatera melalui Pelabuhan Merak tampak membludak memadati area kantung parkir di Dermaga Eksekutif.

Tingginya animo masyarakat yang akan menyebrang ini menyebabkan keterlambatan angkutan kapal dari jadwal yang telah ditentukan. Bahkan rata-rata calon pengguna jasa mengeluhkan antrean karena sudah lama menunggu, namun belum juga diberangkatkan ke daerah tujuan lantaran menunggu giliran untuk masuk ke dalam kapal.

Akibatnya, calon pengguna jasa memilih turun dari kendaraan dan beristirahat sejenak si lokasi parkir.

Sementara dari data yang tercatat di PT ASDP Ferry Cabang Utama Merak terdapat 107 ribu orang telah menyebrang dari H-8 sampai H-6 Natal dan Tahun Baru ini.

Berdasarkan data 24 jam terakhir, realisasi total penumpang mencapai 37.212 orang atau naik 3 persen dibandingkan realisasi periode yang sama tahun lalu sebanyak 36.226 orang. Total seluruh kendaraan tercatat 8295 yang telah menyebrang dari Jawa ke Sumatera pada H-6 atau naik 6 persen dibandingkan realisasi periode sama tahun lalu sebanyak 7843 unit. Terdapat 30 kapal beroperasi dengan 109 trip yang tersebar di 7 dermaga yang tersedia.

 


 

Editor : Iskandar Nasution

Follow Berita iNews Pandeglang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut