get app
inews
Aa Read Next : Lagi! Gunung Anak Krakatau Erupsi, Luncurkan Abu Vulkanik 700 Meter

Gunung Semeru Erupsi hingga Ribuan Orang Berhamburan, Bupati Sebut Seluruh Warga Sudah Dievakuasi

Minggu, 04 Desember 2022 | 15:06 WIB
header img
Gunung Semeru dikabarkan erupsi, ribuan warga panik berhamburan menyelamatkan diri. Foto tangkapan layar video viral

LUMAJANGiNewsPandeglang.id Gunung Semeru dikabarkan  erupsi pada Minggu, (4/12/2022) pagi. Kondisi Gunung yang berada  di Kabupaten Malang dan Kabupaten Lumajang, Jawa Timur  tersebut  membuat ribuan orang berhamburan menyelamatkan diri  mengungsi ke tempat yang aman.

Dari beberapa video yang beredar di masyarakat  diantaranya  warga di Desa Supiturang, Kecamatan Pronojiwo, Kabupaten Lumajang berhamburan  panik menyelamatkan diri menggunakan kendaraan  mulai dari sepeda motor hingga mobil dam truk untuk mengungsi ke tempat aman.

Bupati Lumajang, Thoriqul Haq menyebut seluruh warga di sejumlah dusun di sekitar Gunung Semeru sumuanya sudah  terevakuasi. Mereka dievakuasi ke titik yang aman dari  seluruh dusun di Desa Supiturang, Kecamatan Pronojiwo, Kabupaten Lumajang.

Begitu pula dengan warga di desa lain di Kecamatan Candipuro yang berdekatan dengan Gunung Semeru juga terus dievakuasi. "Sudah semua, untuk Supiturang seluruh dusun sudah terevakuasi," ujar Thoriqul Haq kepada MNC Portal Minggu (4/12/2022).

Bupati Thoriqul Haq menjelaskan,  Desa Supiturang merupakan desa terdekat dari aliran lahar Gunung Semeru yang pada Desember 2021 lalu juga turut terdampak parah erupsi.

Editor : Iskandar Nasution

Follow Berita iNews Pandeglang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut