get app
inews
Aa Read Next : 10 Manfaat Daun Kelor yang Menakjubkan Menurut Para Ahli

7 Manfaat Susu Kambing Bagi Kesehatan, Baik untuk Ibu Hamil dan Menyusui

Rabu, 30 November 2022 | 19:37 WIB
header img
7 Manfaat Susu Kambing Bagi Kesehatan, Baik untuk Ibu Hamil dan Menyusui (Foto: Ilustrasi)

JAKARTA, iNewsPandeglang.idSusu kambing bisa jadi salah satu alternatif susu selain susu sapi ,yang memiliki banyak kandungan gizi yang bermanfaat bagi tubuh. Diantaranya kalori, protein, dan lemak, bisa menjadi alternatif untuk Anda yang bosan atau tidak dapat mengonsumsi susu sapi.

Susu kambing, terutama dari jenis etawa dikenal memiliki berbagai manfaat luar biasa bagi kesehatan. Hasil penelitian sudah membuktikan hal tersebut, salah satunya yang dilaporkan laman resmi Kementerian Pertanian bahwa susu kambing etawa memiliki kandungan nutrisi dan mineral yang cukup lengkap. Manfaat susu kambing bisa dirasakan karena kandungannya.

Sejumlah kandungan susu kambing di antaranya fosfor, kalsium, sodium, dan flourin.  Berkat kandungan tersebut, beberapa klaim menyebutkan bahwa susu kambing etawa punya manfaat yang hampir mirip dengan ASI. Walau tentunya, ASI masih tidak bisa digantikan oleh apapun. 

Nah, lantas apa saja sih manfaat susu kambing bagi kesehatan? Berikut daftarnya seperti dirangkum pada Selasa (29/11/2022).

1. Baik untuk sistem pencernaan 

Manfaat susu kambing di urutan pertama, adalah bermanfaat bagi sistem pencernaan. Susu ini mampu menenangkan saluran cerna dan menekan rasa lapar secara efektif, sehingga sangat cocok untuk menurunkan berat badan.  Selain itu, tidak adanya protein kompleks dalam susu kambing etawa, membuat susu ini lebih rendah risiko memunculkan alergi bila dibandingkan dengan susu sapi. 

2. Punya sifat anti-inflamasi

Manfaat susu kambing lainnya yakni adanya sifat anti-inflamasi. Susu kambing etawa dihomogenisasi secara alami. Gelembung-gelembung minyak yang ada di susu ini dapat memecahkan diri menjadi bagian yang lebih kecil jika dibanding susu sapi.  Hal ini bermanfaat untuk mempermudah pencernaan dan penyerapan makanan oleh tubuh. Sebab itu, mereka yang punya masalah di usus atau gangguan pencernaan yang disebabkan oleh inflamasi, sangat direkomendasikan mengonsumsi susu ini. "Sifat probiotik yang ada dalam susu kambing etawa dapat mendorong pengembangan sistem pencernaan yang lebih baik," ungkap laporan tersebut, dikutip MNC Portal, Selasa (29/11/2022).

3. Agen metabolik yang baik untuk tubuh

 Penelitian dan studi yang dilakukan pada susu kambing etawa menyimpulkan bahwa susu jenis ini berhubungan erat dengan peningkatan kemampuan untuk menyerap zat besi dan tembaga, terutama pada orang yang memiliki masalah sistem pencernaan. 

 4. Kaya kalsium 

Manfaat susu kambing lainnya yakni kata kalsium. Sebagaimana diketahui, susu dikonsumsi demi tujuan mencukupi asupan kalsium yang baik dalam mencegah osteoporosis. Susu kambing etawa menawarkan kalsium yang tinggi. Bahkan, susu jenis ini mengandung asam amino triptofan yang baik bagi kesehatan.

5. Dapat dijadikan alternatif pengobatan asma dan TBC 

Ya, manfaat susu kambing satu ini sangat baik bagi kesehatan paru-paru. Susu kambing etawa dapat digunakan sebagai obat untuk menangani TBC dan asma. Hal ini karena kandungan flourin dan betakasein yang terkandung di dalam susu kambing etawa. Susu ini dpercaya juga baik untuk mereka yang memiliki masalah pernapasan. 

6. Baik untuk ibu hamil dan menyusui

Manfaat susu kambing juga dapat dirasakan ibu hamil dan menyusui. Susu ini bisa menjadi gizi tambahan yang baik untuk ibu hamil. Tak hanya menyehatkan si ibu, tapi juga bisa menyehatkan janin yang dikandungnya. Sedangkan pada ibu menyusui, susu kambing etawa dipercaya mampu memperlancar ASI. 

 7. Menyehatkan kulit

 Manfaat susu kambing di urutan terakhir, yakni menyehatkan kulit.  Inilah yang menjadi alasan Anda sering menemukan sabun atau lotion susu kambing. Bahkan, beberapa orang menggunakan masker susu kambing untuk mengecilkan pori-pori wajah, sehingga terbebas dari berbagai masalah kulit seperti jerawat. 

Nah, itu dia segudang manfaat susu kambing etawa untuk kesehatan yang perlu Anda ketahui. Anda pernah coba susu kambing?

 

Editor : Iskandar Nasution

Follow Berita iNews Pandeglang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut