get app
inews
Aa Read Next : Lagi! Gempa Susulan M5,1 dan M4,2 Guncang Bayah Banten

Gempa Bumi Magnitudo 5.6 Guncang Cianjur Diduga Banyak Korban dan Bangunan Ambruk

Senin, 21 November 2022 | 14:49 WIB
header img
Gempa Bumi Magnitudo 5,6 di Cianjur sejumlah bangunan ambruk. Foto tangkapan layar video viral

CIANJUR, iNewsPandeglang.id - Gempa bumi bermagnitudo 5,6 mengguncang Kabupaten Cianjur, Jawa Barat. Akibat kejadian tersebut diduga banyak korban dan sejumlah bangunan pun ambruk.

Dari video yang beredar di masyarakat terlihat kepanikan warga, pelajar hingga pengendara motor. Bangunan juga banyak yang  rusak atau retak juga roboh. 

Banyak  warga membawa korban ke arah RSUD Sayang Cianjur baik menggunakan mobil maupun sepeda motor. Jalanan pun ramai   dengan suara klakson dan sirine dari kendaraan yang melintas.

Dalam video lainnya terdengar ada teriakan warga yang minta tolong dalam puing-puing bangunan yang hancur diduga ada korban yang terjebak.

Berdasarkan keterangan resmi dalam web  BMKG  gempa bumi yang berkekuatan 5,6 M itu terjadi  pada Senin (21/11/2022) sekitar pukul 13:21:10 WIB dengan titik koordinat 6.84 LS,107.05 BT  10 kilometer BaratDaya Kabupaten Cianjur, Jawa Barat dengan kedalaman 10 kilometer.

Pusat gempa berada di Darat 10 kilometer  Barat Daya Kabupaten Cianjur, getaran dirasakan di  (Skala MMI) V-VI Cianjur, IV - V Garut, IV - V Sukabumi, III Cimahi, III Lembang, III Kota Bandung, III Cikalong Wetan, III Rangkasbitung, III Bogor, III Bayah, II - III Rancaekek, II - III Tangerang Selatan, II - III DKI Jakarta, II - III Depok, II - III Tangerang, III Bakauheni.

Sementara itu, belum diketahui berapa banyak korban dalam peristiwa ini. Menurut salah satu orang tua siswa Herman Ginting banyak anak-anak yang terluka.

"Banyak anak-anak yang luka. Saya belum hitung. Karena pas bubaran, ada genting-genting berjatuhan langsung menimpa siswa-siswa," katanya dikutip dari MNC Portal Indonesia.

Editor : Iskandar Nasution

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut