get app
inews
Aa Read Next : Khasiat Konsumsi Daun Kelor, Ternyata Bisa Mencegah Stunting Pada Anak Lho!

Anak Sulit untuk Makan Sayur? Begini Tips dari Ahli Gizi

Minggu, 20 November 2022 | 22:00 WIB
header img
Anak Sulit untuk Makan Sayur? Begini Tips dari Ahli Gizi (Foto: Istimewa)

JAKARTA, iNewsPandeglang.id- Anak sulit makan sayur merupakan salah satu permasalahan yang kerap dihadapi oleh orangtua. Padahal, sayur memiliki banyak nutrisi yang dibutuhkan untuk tumbuh kembang anak-anak.

Kandungan serat  pada sayur bermanfaat untuk melancarkan saluran cerna dan dapat mencegah kontipasi pada anak. Kontipasi merupakan salah satu masalah yang sering terjadi pada anak.

Pada dasarnya, anak yang susah makan sayur janganlah dipaksa atau dimarahi. Sebab, segala sesuatu yang dipaksa akan membuat anak semakin tidak menyukai atau bahkan benci dengan makanan sehat, khususnya sayur-sayuran.

Pakar gizi dari Institut Pertanian Bogor (IPB) Anna Vipta Resti Mauludyani, SP, M.Gizi biasanya banyak orangtua yang menemui masalah pada anak mereka yang tidak menyukai makan sayur-sayuran. Mengenai hal ini, orangtua dapat menyiasatinya dengan memilih jenis sayur yang memang disukai anak terlebih dahulu sambil memperkenalkan sayuran yang lain.

Orangtua juga dapat melakukan modifikasi pengolahan sayuran yang disukai anak seperti memasukkan sayur ke dalam nugget, risol, atau pangan olahan lain. Dengan cara ini diharapkan dapat mengatasi bekal sayur yang biasanya tidak dimakan oleh anak.

“Itu bisa kita lakukan juga. Kalau dia tidak suka (sayur) itu benar-benar tidak dimakan, jangan sampai seperti itu. Tapi kalau seandainya olahannya sudah menarik dan dia suka suka makanan olahannya dari sayur tersebut, nanti dia akan makan,” kata Anna seperti dilansir dari Antara.

Selain itu, orangtua juga dianjurkan untuk menyiapkan tempat bekal yang juga menarik bagi anak-anak. Dengan begitu, imbuh Anna, mereka akan merasa semangat dan menambah rasa kepercayaan diri untuk memakan bekal yang dibawa. 

“Seperti bento-bento yang dari Jepang. Jadi kita bisa menambah variasi nasi tidak hanya dibiarkan begitu saja, bisa dibuat bulat-bulat, ada cetakan segitiga,” ujar dia.

Selain itu, orangtua juga disarankan untuk membuat bekal dengan tampilan menarik dengan cara mempertimbangkan pemilihan warna makanan. Anna mengingatkan, warna menarik bukanlah warna yang mencolok dan warna menarik ini bisa didapatkan dari bahan makanan alami seperti buah-buahan dan sayur-sayuran

 

Editor : Iskandar Nasution

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut