get app
inews
Aa Read Next : Alasan Ibu Hamil Mudah Sedih dan Menangis, Ini Penjelasan Dokter Kandungan

Mengenal Tanda-tanda Hamil Sebelum Telat Haid yang Jarang disadari

Rabu, 16 November 2022 | 19:05 WIB
header img
Mengenal Tanda-tanda Hamil Sebelum Telat Haid yang Jarang disadari (Foto: Istimewa)

JAKARTA, iNewsPandeglang.id – Telat menstruasi pada Wanita bukanlah satu-satunya tanda kehamilan. Saat kehamilan terjadi, tubuh akan mulai memberikan tanda. Umumnya tanda-tanda kehamilan muncul pada minggu pertama saat pembuahan pada sel telur, namu tanda tersebut jarang disadari oleh perempuan yang sedang hamil.

Terdapat beberapa tanda-tanda hamil sebelum telat haid yang dapat Anda perhatikan. Bila anda sedang menanti buah hati atau baru saja melakukan hubungan seks, Anda perlu mengetahui apa saja sih tanda-tanda hamil sebelum telat haid? Seperti kita ketahui, salah satu tanda kehamilan yang paling umum terjadi adalah telat haid. Namun, bagi beberapa perempuan, ada tanda-tanda hamil sebelum telat haid yang dapat terasa. 

Sejumlah tanda awal kehamilan ini mirip dengan saat Anda mau menstruasi. Misalnya, kram perut dan perubahan pada payudara yang kerap membingungkan perempuan.  Hal ini tak jarang bisa membuat Anda keliru bahkan tidak menyadari bahwa Anda telah positif hamil. Nah, agar tidak bingung dan keliru, berikut beberapa tanda-tanda hamil sebelum telat haid, dikutip dari beberapa sumber, Selasa (15/11/2022).

1. Perubahan suasana hati

 Perubahan suasana hati para ibu hamil yang sangat cepat ini cukup banyak disadari. Jadi, jangan terkejut jika perasaan riang berubah menjadi sendu dan ingin menangis, kemudian sangat gembira di suatu kesempatan. Nah, pasangan perlu memahami situasi ini dan membantu melembutkan suasana hati calon ibu. 



2. Suhu tubuh naik

Tanda-tanda hamil sebelum telat haid di urutan pertama, adalah suhu tubuh naik. Pada perempuan yang baru hamil, saat bangun tidur di pagi hari biasanya terjadi kenaikan suhu tubuh. Namun tak perlu khawatir, karena hal ini dipengaruhi oleh hormon. Suhu tubuh yang naik ini menjadi gejala awal sebelum benar-benar positif hamil.

3. Payudara terasa nyeri

Tanda-tanda hamil sebelum telat haid berikutnya, yakni payudara terasa nyeri. Meskipun sering terjadi pada calon ibu hamil, nyeri payudara juga dialami pada usia kehamilan trimester kedua dan ibu menyusui. Hal ini terjadi karena hormon estrogen dan progesteron yang membuat payudara ibu terasa sakit.

4. Sering buang air kecil

Tanda-tanda hamil sebelum telat haid lainnya yakni sering buang air kecil. Meningkatnya frekuensi buang air kecil bisa menjadi tanda hamil trimester pertama dan trimester ketiga karena uterus yang melebar. Akibat dari gejala ini adalah calon ibu merasa mudah sekali haus. 

5. Kelelahan

Tanda-tanda hamil sebelum telat haid berikutnya, yaitu kelelahan. Usia awal kehamilan akan membuat Anda cepat lelah, pucat, dan berimbas pada rasa cepat mengantuk karena produksi ekstra progesteron. Sebab itu, calon ibu tidak masalah bila harus banyak beristirahat. 

 6. Perut kembung

Perut kembung ternyata juga menjadi salah satu tanda-tanda hamil sebelum telat haid. Artinya, ada perkembangan janin dalam perut. Di samping itu, kondisi ini tampaknya membuat berat badan calon ibu menjadi naik, meskipun keadaan mereka sedang tidak nafsu makan karena rasa mual.

7. Tumbuh jerawat

Tanda-tanda hamil sebelum telat haid di urutan terakhir, adalah tumbuh jerawat. Hormon sangat berpengaruh pada tumbuhnya jerawat bagi perempuan hamil. Meski begitu, pengobatan jerawat saat hamil perlu diperhatikan. Lebih baik, konsultasi terlebih dulu dengan dokter mengenai kandungan perawatan apa saja yang dianjurkan untuk mengatasi jerawat.

 

Editor : Iskandar Nasution

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut