get app
inews
Aa Read Next : 7 Negara Tertua di Dunia, No 3 Ada Negeri Naga Biru di Asean

Deretan Negara yang Pertama Kali Muncul di Dunia, Ada Yunani hingga Mesir

Rabu, 09 November 2022 | 22:17 WIB
header img
Deretan Negara yang Pertama Kali Muncul di Dunia, Ada Yunani hingga Mesir ( Istimewa)

JAKARTA, iNewsPandeglang.id- Sejumlah Negara ada yang dinilai sebagai tempat munculnya peradaban di dunia. Negara pertama kali hadir di Dunia memiliki hubungan erat dengan peradaban manusia. Sejumlah peradaban pertama yang ada di Dunia ditandai dengan orang-oramg yang mulai meninggalkan kebiasaan hidup mereka.

Melansir dari Worldometers, saat ini terdapat 195 negara yang tersebar di seluruh penjuru dunia. Jauh sebelum negara-negara tersebut terbentuk, terdapat sejumlah negara tertua yang berkaitan dengan peradaban manusia. Dilansir dari Oldest, peradaban awal manusia diperkirakan terbentuk sekitar 6500 SM ketika banyak orang mengakhiri kehidupan nomaden.

Manusia zaman dahulu kemudian menetap di suatu tempat dan membentuk kota-kota hingga negara. Berikut daftar 10 negara yang pertama kali muncul di dunia dan wajib diketahui:

1.Yunani

Yunani memulai peradabannya sekitar 800 SM setelah masa dark ages atau zaman kegelapan. Kala itu, orang-orang Yunani dikenal memiliki kemajuan di bidang seni, syair, teknologi, bahkan pembangunan. Bahkan kota Athens menjadi kota terpenting negara ini sejak 1000 SM.

 

2. Vietnam

Negara yang berada di kawasan Asia Tenggara, yakni Vietnam, sudah ada sejak tahun 2879 SM. Vietnam secara resmi dikenal sebagai Republik Sosialis Vietnam. Menurut penelitian, pemerintahan Vietnam pertama kali dipegang oleh Dinasti Hong Bang. Karena dianggap sudah sangat tua, beberapa sejarawan menganggap keberadaan Dinasti Hong Bang ini hanya sebuah mitos. Kini Vietnam terkenal dengan keindahan dan kekayaan alamnya.

3.San Marino

San Marino merupakan salah satu negara tertua sekaligus negara terkecil di benua Eropa. Negara ini berdaulat sejak 3 September 301 M. Terbentuknya negara ini di awali dari Saint Marinus yang membuat gereja kecil di Monte Titano.

Kemudian, wilayah gereja tersebut lah yang kemudian berkembang menjadi kota San Marino. Negara yang merupakan bagian peninsula Italia ini cukup makmur dan tingkat pengangguran yang rendah.

4. Iran

Iran merupakan negara tertua di dunia dan sudah berdiri sejak tahun 3200 SM. Secara resmi, Iran dikenal sebagai Republik Islam Iran. Beberapa peradaban yang paling awal ada di Iran yakni zaman Elam dan Jiroft. Elam merupakan yang paling menonjol karena merupakan orang yang bertanggung jawab untuk mendirikan Iran selama era Proto-Elam atau Susa III. Iran terletak di kawasan Asia Barat Daya dengan luas wilayah 1,648 juta kilometer persegi.

5.Afghanistan 

Ketandusan tanah Afghanistan telah dihuni manusia sejak 3.000 SM. Saat itu, para manusia yang menempati Afghanistan membentuk kota pertama bernama Mundi Gak yang terletak di Kandahar modern.

Seiring berjalannya waktu, Afghanistan kemudian dikuasai oleh Darius I dairi Persia, Alexander the Great, dan lain-lain. Baru pada 1973 negara ini berubah menjadi negara kesatuan

6.Jepang

Negara Sakura yang terletak di daratan Asia juga menjadi salah satu negara tertua di dunia. Negara ini sudah berdiri sejak 13.000 SM. Orang-orang Jepang mulai mempercayai kekaisaran pertama pada 600 SM. Saat itu, kaisar pertama yang berkuasa adalah Emperor Jimmu.

7. Etiopia

Peradaban di Etiopia telah ada sejak 980 SM dimana kerajaan pertama yang dibangun adalah D’mt (980-400 SM). Sama seperti Yunani, orang-orang Etiopia kala itu sudah cukup maju dalma beberapa bidang, seperti sistem irigasi, bajak, milet, dan persenjataan.

7.China

China menjadi negara pertama yang bidang sains dan teknologinya sangat maju di zamannya. Peradaban China muncul sejak munculnya dinasti pertama, yaitu DInasti Xia pada 2070-1600 SM.

9.India

Peradaban pertama di India muncul sekitar 3.000 SM dan bangsanya terbentuk pada Periode Vedic sekitar 1500-600 SM. Pada masa tersebut, sejumlah agama mulai berkembang, seperti Hindu, Jainisme, dan Buddha.

10.Mesir

Negara yang terkenal dengan piramida ini resmi dikenal sebagai Republik Arab Mesir dan telah dihuni sejak zaman kuno. Mesir tercatat menjadi negara tertua kedua di dunia yang sudah berdiri sejak tahun 3100 SM. Dinasti pertama yang tercatat pada awal berdirinya Mesir diduduki oleh Raja Menes atau Raja Narmer.

Sebagian sejarawan setuju bahwa Mesir adalah tempat lahirnya peradaban karena perkembangan awal dalam hal-hal seperti penulisan dan pemerintahan. Selama bertahun-tahun, Mesir telah dibangun oleh peradaban seperti Romawi, Yunani, dan Nubia.

Demikian 10 negara yang pertama kali muncul di dunia dan wajib diketahui.

 

Editor : Iskandar Nasution

Follow Berita iNews Pandeglang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut