get app
inews
Aa Read Next : Selain Indonesia, Ini Deretan Negara yang Punya Seni Bela Diri Pencak Silat

8 Tempat Memiliki Tatanan Kota Terbaik di Indonesia, Apakah Kotamu Termasuk?

Minggu, 23 Oktober 2022 | 16:21 WIB
header img
Gedung Sate (Foto: MPI/Agung)

JAKARTA, iNewsPandeglang.id - Indonesia memiliki  kota-kota besar yang kerap jadi ikon wisata. Diantara beberapa kota yang ada, hanya terdapat beberapa kota yang memiliki tata letak terbaik.  Tolak ukur daerah Indonesia yang memiliki tata kota terbaik tidak hanya dari faktor lingkungannya yang nyaman, namun juga pembangunan yang terus berjalan. Hal itu akan membuat masyarakat setempat bisa tinggal dengan nyaman dan membuat nilai investasi semakin tinggi. 

Apabila merujuk pada Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) tata kota diartikan sebagai pola penataan atau perencanaan yang terorganisasi untuk sebuah kota dalam membangun sarana dan prasarananya. arti sempitnya, tata kota akan berhubungan dengan semua hal yang menunjang dari kesejahteraan warganya. Misalnya seperti infrastruktur jalan, taman, tempat usaha, dan tempat tinggal (hunian). 

Penilaian tata kota terbaik dilakukan oleh Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas). Hasil dari penilaian tata kota terbaik akan disimbolkan dengan pemberian Penghargaan Pembangunan Daerah (PPD).  Lantas, daerah mana saja yang memiliki tata kota terbaik di Indonesia? Berikut ulasannya dirangkum pada Senin (17/10/2022).

1. Surabaya

Meskipun kota metropolitan kedua setelah DKI Jakarta ini memiliki tata kota yang cukup padat, pengelolaan infrastruktur kota ini cukup baik. Surabaya kerap menjadi standar penilaian bisnis dan investasi setelah Jakarta. Hal itu juga dilakukan untuk investasi dalam sektor properti. Surabaya dinilai masih menunjukkan kelasnya sebagai pasar yang tak pernah surut.

2. Denpasar

Kota yang sangat terkenal sebagai kota pariwisata di Pulau Dewata Bali ini mendorong banyaknya perubahan dan kemajuan dari sarana dan prasarananya. Hal ini dapat terlihat dengan mulai banyak infrastruktur yang dibangun untuk mendukung kesejahteraan warganya. Meski Bali terus melakukan pembangunan, fokusnya tetap menjaga keseimbangan alam dan kebudayaan.

3. Bandung

Kota yang terkenal dengan sebutan Paris Van Java ini ternyata memiliki tata kota yang cukup baik. Hal ini bisa terlihat dengan banyaknya perubahan pada kotanya. Selain suasana kota yang asri dan udara yang sejuk, ibu kota Jawa Barat ini memiliki potensi besar untuk investasi properti.

4. Yogyakarta

 Daerah dengan tata kota terbaik di Indonesia selanjutnya yang cocok dijadikan tempat tinggal adalah Yogyakarta. Tata kota yang rapi membuat kota ini jarang mengalami kemacetan parah sehingga dinilai nyaman untuk ditinggali. Terlebih lagi biaya hidup di kota ini tergolong terjangkau, mulai dari rumah, kos, hingga makanan.
 

 5. Semarang

Semarang merupakan salah satu kota yang terkenal dengan tempat wisata sejarahnya. Selain itu, Semarang juga terkenal dengan tata kota yang baik lewat sarana dan prasarananya. Selain itu, tampilan wajah kotanya semakin teratur dengan adanya sistem pembangunan infrastruktur secara merata.


6. Banjarbaru

Kota Banjarbaru yang merupakan hasil dari pemekaran kabupaten Banjar ini juga terpilih sebagai wilayah yang memiliki tata kota yang baik. Selain itu, kota ini juga menjadi pusat dari pertumbuhan ekonomi di Kalimantan Selatan. Sektor perumahan dan bisnis di Banjarbaru juga terus berkembang seiring dengan pemindahan akvitas pemerintahan provinsi itu ke kota tersebut. 

 7. Dumai

Dumai merupakan salah satu kota hasil dari pemekaran kabupaten Bengkalis sekaligus menjadi kota terluas di Indonesia setelah Manokwari. Soal tata kota, Dumai sangat tepat dalam mengelola wilayahnya yang sangat strategis, sehingga terpilih mendapatkan penghargaan sebagai salah satu wilayah dengan tata kota terbaik di Indonesia.

8. Palembang

Pembangunan kota Palembang yang pesat juga turut berdampak pada sektor properti, sehingga, minat pengembang untuk berinvestasi di daerah itu terus meningkat.  Tak hanya infrastruktur, pemerataan pembangunan pun terus meningkat. Kawasan hulu ini diisi dengan banyaknya pembangunan residensial dan komersil. 

 

 

Editor : Iskandar Nasution

Follow Berita iNews Pandeglang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut