get app
inews
Aa Read Next : Selain Jadi Menu Sehari-hari, Ini 5 Sayuran yang Efektif Bantu Turunkan Tekanan Darah Tinggi

Tips Turunkan Tekanan Darah Tinggi dengan Timun, Mudah Dicoba!

Minggu, 23 Oktober 2022 | 08:01 WIB
header img
Ilustrasi Sayuran (Foto: Istimewa)

JAKARTA, iNewsPandeglang.id -  Semua sayuran memiliki berbagai manfaat, termasuk timun. manfaat dari timun salah satunya membantu mengontrol tekanan darah tinggi. Nah, sudahkah Anda tahu cara menurunkan darah tinggi dengan timun?

Timun merupakan sayuran yang bisa dimakan dalam keadaan mentah, menjadi lalapan dan mengandung banyak nutrisi. Timun mengandung kalori dengan jumlah yang aman, rendah lemak, natrium, kalium, karbohidrat, serat, glukosa, protein, vitamin A, B12, B6, C, dan D, serta kalsium.


(Foto: Timesofindia)

Dengan begitu banyaknya nutrisi yang dikandung timun, tidak heran kalau sayuran ini bermanfaat bagi kesehatan, salah satunya menurunkan darah tinggi. Bahkan, timun bisa jadi solusi cepat ketika Anda dehidrasi karena kandungan air yang tinggi.

Lantas, bagaimana cara menurunkan darah tinggi dengan timun?

Dijelaskan dalam laman dr Health Benefits, konsumsi timun yang rutin ternyata terbukti secara ilmiah menurunkan darah tinggi atau hipertensi. "Konsumsi timun secara rutin mampu menstabilkan tekanan darah," terang laman kesehatan tersebut, dikutip MNC Portal, Jumat (21/10/2022).

Dikatakan di sana bahwa Anda boleh mengonsumsi timun secara mentah atau diolah menjadi menu makanan atau minuman tertentu. Variasi dari mengolah timun diperlukan supaya Anda tidak bosan mengonsumsi sayuran ini.

Menariknya, timun dipercaya bisa meredakan gejala darah tinggi seperti sakit kepala. Jadi, ketika sakit kepala menyerang, yang dikaitkan dengan darah tinggi, Anda disarankan minum jus timun.

"Jus timun itu selain rasanya yang menyegarkan, juga dapat menghilangkan rasa sakit kepala yang Anda rasakan saat darah tinggi kambuh," terang laporan tersebut.

So, itulah manfaat dan bagaimana cara menurunkan darah tinggi dengan timun. Agar hasilnya lebih baik, disarankan sekali untuk berkonsultasi dengan dokter Anda.

 

Editor : Iskandar Nasution

Follow Berita iNews Pandeglang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut