get app
inews
Aa Read Next : Fenomena Langka! 20 April 2023 Bakal Ada Gerhana Matahari Hibrid di Indonesia, Apa itu?

7 Tempat yang Alami Fenomena Alam Luar Biasa dan Langka di Dunia

Sabtu, 22 Oktober 2022 | 16:39 WIB
header img
Ilustrasi Fenomena alam. Foto: Ist

JAKARTA, iNewsPandeglang.id – Alam memiliki berbagi cerita dan rahasia yang mengagumkan sekaligus ada yang mengerikan untuk diketahui. Terdapat berbagai fenomenal alam yang bisa merugikan bumi.

Fenomena alam adalah peristiwa non-artifisial yang terjadi di dalam bumi, karena terjadi secara alami. Beberapa fenomena ada yang membuat kerusakan atau kerugian dan aja juga yang tidak memiliki dampak buruk.

Ingin tahu tempat dimana saying yang sering terjadi fenomena alam? Inilah daftar tempat dengan fenomena alam yang luar biasa dan paling langka di dunia yang menarik untuk dikunjungi.

Alam selalu menyimpan banyak hal menakjubkan yang tidak akan berhenti membuat manusia berdecak kagum. Bukan hanya indah, namun sejumlah tempat di dunia juga memiliki fenomena alam yang langka dan bahkan menjadi satu-satunya di dunia.

Berikut iNews.id telah merangkum tujuh tempat dengan fenomena alam yang luar biasa sekaligus langka di dunia. 7 Tempat dengan Fenomena Alam yang Luar Biasa

1. Gunung Berwarna, China

Di China, tepatnya di daerah Zhanye terdapat sebuah fenomena alam langka yakni berupa pegunungan yang memiliki warna seperti pelangi.
 

Pegunungan yang disebut Zhangye Danxia ini adalah pegunungan batu dengan perpaduan warna merah, kuning, coklat, hingga putih yang menawan.  Menurut para ahli geologi pembentukan Zhangye Danxia ini membutuhkan waktu selama 24 juta tahun dari berbagai bebatuan yang berbeda yang membentuk lempengan tektonik. Keindahannya membuat Zhangye Danxia dinobatkan sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO pada tahun 2009.

 

2. Air Terjun Darah, Antartika

Hal pertama yang kita pikirkan saat mendengar nama Air Terjun Darah pastilah mengerikan. Berada di kawasan lembah basah McMurdo, Antartika Timur, Air Terjun Darah ini tampak seperti aliran darah merah yang cukup mengerikan. 

Nyatanya, rona merah tembaga cerah itu berasal dari danau setengah es yang sangat asin. Hal ini bermula dari sekitar 2 juta tahun yang lalu dimana suatu bentuk air berkadar garam tinggi terperangkap di bawah sungai es Taylor, terisolasi dari cahaya, panas serta oksigen.

Kemudian air asin yang merembes melalui celah-celah gletser itu lalu bereaksi dengan oksigen di udara sehingga menciptakan air terjun yang berwarna seperti darah tersebut.

3. Kawah Ijen, Indonesia

Tidak hanya di luar negeri, di Indonesia sendiri kita bisa menjumpai fenomena alam yang luar biasa sekaligus langka, yakni Kawah Ijen di Banyuwangi. Kawah Ijen ini memiliki keunikan berupa api biru yang menyembur dari kawah.Fenomena ini pun memicu minat para ilmuwan barat untuk meneliti salah satu destinasi wisata favorit di Jawa Timur ini. Menurut para ilmuwan, api biru di Kawah Ijen tersebut bukanlah lava, melainkan sulfur.

4. Sungai Catatumbo, Venezuela

Sungai Catatumbo terletak di wilayah barat Venezuela. Di sungai yang menjadi perbatasan antara Venezuela dan Kolombia ini terdapat sebuah fenomena aneh sekaligus mengerikan. Pasalnya, tempat ini tercatat sebanyak 20.000 kilatan petir setiap jamnya. Bahkan, setiap kilatan cahaya itu bisa menerangi langit setara dengan cahaya 100 juta buah lampu pijar. Hal ini menyebabkan Sungai Catatumbo yang dijuluki sebagai tempat petir abadi.

Petir akan menyambar mulai pukul 7 malam setiap harinya dan akan berlangsung selama 10 jam. Petir abadi ini adalah fenomena alam yang sangat langka dan bahkan hanya satu- satunya di dunia. Fenomena ini bahkan sudah dimasukkan dalam Guinness World Record. Sayangnya, hingga kini para ilmuwan belum dapat menjelaskan secara pasti mengapa Sungai Catatumbo menjadi tempat yang tidak pernah berhenti disambar petir.

5. Playa Del Amor, Meksiko

Di sebuah pulau di Meksiko, terdapat sebuah pantai indah tersembunyi yang disebut Playa del Amor oleh warga lokal. Letak pantai ini tersembunyi di sebuah gua yang terbentuk akibat permukaan tanah yang amblas.  Karena letaknya inilah maka pantai ini hanya bisa dicapai dengan cara berenang melalui terowongan sempit. Pantai tersembunyi ini berdinding karang namun memiliki dasar pasir landai. Sungguh pemandangan yang menakjubkan.

6. Salar de Uyuni, Bolivia

Tempat dengan fenomena alam selanjutnya adalah Salar de Uyuni yang berada di wilayah bagian Potosi dan Oruro, Bolivia. Tempat ini memiliki pemandangan dan kerap disebut sebagai wajan garam terbesar sekaligus cermin terbesar di dunia. Salar de Uyuni sendiri merupakan danau prasejarah yang mengering sehingga hanya menyisakan tumpukan garam, pulau kaktus, serta bebatuan saja. Spot terbaik untuk menikmati pemandangan Salar de Uyuni ini adalah di tengah pulau Incahuasi.

 7. Sungai Mendidih Shanay-Timpishka, Peru

Sungai Mendidih Shanay-Timpishka di Peru ini memiliki keunikan tersendiri, dimana air yang mengalir di dalamnya memiliki suhu yang sangat panas dan bahkan mendidih. Suhu sungai ini tercatat mencapai 91 derajat celcius. Hal yang lebih mengerikan adalah sungai ini juga sering memakan korban, seperti binatang yang mati setelah tercebur kedalam air yang mendidih tersebut. Menurut penelitian, salah satu teori yang paling mungkin tentang suhu di sungai ini adalah karena adanya suhu panas berasal dari panas bumi yang tersalur dari kerak bumi.

 Itulah deretan  tempat dengan fenomena alam yang luar biasa. Mana yang paling ingin kamu kunjungi?

 

Editor : Iskandar Nasution

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut