get app
inews
Aa Read Next : Berulah Lagi Charlie Hebdo, Picu Kemarahan dengan Kartun Menghina Bencana Gempa di Turki dan Suriah

5 Negara Paling Bersih di Dunia, No 3 Penduduknya Murah Senyum, Siap-siap Meleleh!

Rabu, 19 Oktober 2022 | 12:20 WIB
header img
Swiss, Kota Luzern Switzerland termasuk urutan pertama dalam 5 Kota Paling bersih di dunia. Foto Freepik (wirestock)

JAKARTA, iNewsPandeglang.id - Ada banyak sekali pertimbangan saat seseorang hendak berlibur ke luar negeri. Ragam budaya, kuliner dan keindahan panorama merupakan faktor utama mengapa seseorang ingin berkunjung ke negara tersebut. Tak hanya itu, kebersihan sebuah negara juga termasuk faktor penting saat menentukan destinasi liburan ke luar negeri. Bahkan menurut penelitian, seorang wisatawan jauh lebih tertarik pada tempat dengan kondisi lingkungan yang bersih, sehat dan aman. 

Lembaga Environmental Performance Index melakukan sebuah riset di Yale University dan Columbia University. Penelitian tersebut menghasilkan daftar 5 Negara Paling Bersih Di Dunia. Penasaran negara mana saja ? yukk simak daftarnya berikut ini. 

1. Swedia

Terletak di Semenanjung Skandivania, Swedia dengan skor 80.51 masuk dalam urutan ke-5 sebagai negara paling bersih di dunia. Negara dengan lanskap alam yang sangat indah ini, dinilai mempunyai karakter yang bersih, damai dan dinamis. 

Pemerintah negara Swedia turut berperan melalui peraturan-peraturan dalam upaya menjaga keasrian lingkungan serta peningkatan penghijauan di Swedia. 

Di antara peraturan tersebut yaitu memanfaatkan energi terbarukan serta mengukuhkan kebijakan soal daur ulang sampah. Bahkan Sistem pengolahan sampah Swedia diakui mempunyai metode yang paling efektif dan efiesien di dunia.


2. Malta

Malta menduduki urutan ke-4 sebagai negara terbersih di dunia dengan skor sebesar 80.90. Prestasi ini tentu tak lepas dari andil Pemerintah Malta dalam merawat kebersihan lingkungan. Secara  geografis, Malta adalah negara kepulauan dengan luas wilayah yang relatif kecil, yakni hanya sekitar 316 kilometer.

Selain itu, Negara Malta dikenal akan laut dan pantainnya karena dikelilingi oleh Laut Mediterania. Sedangkan wilayah daratan negara ini didominasi oleh pegunungan batu kapur. Di negara ini tidak terdapat hutan maupun sungai, akan tetapi, Malta tetap memiliki kualitas udara yang sagat bagus dan terjaga kebersihannya.


3. Denmark

Denmark adalah negara kepulauan dengan luas wilayah  sekitar 42.933 kilometer. Letak negara ini berada di Semenanjung Skandinavia. Dengan skor 81.60 Denmark masuk peringkat ke 3 sebagai negara paling bersih di dunia.

Berdasarkan beberapa penelitian, Denmark juga termasuk sebagai negara paling makmur, dengan pendapatan perkapita masyarakatnya. 

Selain itu, Masyarakat Denmark dikenal dengan penduduknya yang ramah dan senang senang bersosialisasi, serta mudah tersenyum pada sesama termasuk kepada orang asing seperti wisatawan. Wah, bisa siap-siap meleleh ya!

4. Prancis 

Meskipun memiliki jumlah penduduk yang lebih banyak dibanding negara Eropa lain, serta wilayah yang terbilang besar, hal tersebut tidak berpengaruh negatif terhadap kebersihan Prancis. 

Prancis terletak di bagian barat Benua Eropa dengan luas wilayah mencapai 640.679 kilometer, dan masuk kategori negara terbesar ketiga di Eropa.

Dengan skor 83.95 Prancis berhasil meraih peringkat ke-2 sebagai negara paling bersih di dunia. Negara ini mendapat nilai tertinggi dari segi kualitas udara, sanitasi air dan perikanan. Selain itu, Prancis juga menjadi salah satu negara paling ramah lingkungan dan paling rapi di dunia.

5. Swiss

Swiss menjadi urutan nomor 1 sebagai negara paling bersih di dunia. Dengan skor 87.42 Swiss mampu mengalahkan 179 negara lain dilihat dari tingkat kebersihannya.

Bagaimana tidak? negara ini memiliki hutan yang masih terjaga, margasatwa yang masih lestari, air yang aman, dan bersih. Selain itu, Swiss juga merupakan negara yang mampu memanfaatkan sumberdaya alam sekaligus sumberdaya manusianya dengan maksimal.

Menurut data, 60 persen dari kebutuhan listrik di negara ini merupakan hasil dari pemanfaatan pembangkit listrik tenaga air. Di samping itu, negara dengan pendapatan perkapita paling tinggi di dunia ini juga memiliki keindahan alam yang luarbiasa, sehingga menjadikan Prancis sebagai objek wisata mancanegara yang sering dikunjungi.

Itulah daftar 5 negara paling bersih di dunia yang layak untuk dimasukkan dalam bucket list rencana liburan Anda.

Editor : Iskandar Nasution

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut