get app
inews
Aa Read Next : Kurang Konsumsi Serat Bisa Terkena Wasir, Begini Penjelasan Dokter dan Cara Menanganinya

Cara Menghentikan Mimisan dengan Cepat dan Aman, Jangan Menyumpal Hidung!

Sabtu, 15 Oktober 2022 | 18:40 WIB
header img
Ilustrasi mimisan (Foto: Freepik/Okezone)

JAKARTA, iNewsPandeglang.id - Sebagian besar mimisan sebenarnya tidak berbahaya dan akan berhenti dengan sendirinya. Anak-anak mengalami mimisan lebih sering daripada orang dewasa. Ini karena membran hidungnya mengalami iritasi akibat terlalu sering menggosok-gosok hidung.

Cara menghentikan mimisan ini perlu diketahui. Hampir setiap orang pernah mengalami mimisan dan munculnya pun bisa kapan saja. Mimisan adalah keadaan pembuluh darah halus di hidung pecah dan menimbulkan pendarahan.

Mimisan yang terjadi sesekali bukan sesuatu yang perlu dicemaskan. Sebab, hidung mempunyai banyak pembuluh darah halus yang rentan pecah.

Jika mimisan terjadi pada anda, jangan terlalu panik. Ada beberapa tips pengobatan yang bisa dicoba untuk menghentikan keluarnya darah dari hidung. Berikut tips yang bisa dicoba untuk menghentikan darah mimisan.

1. Jepit Hidung Perlahan

Gunakan ibu jari dan telunjuk untuk menjepit bagian bawah tulang hidung selama 5-10 menit, kemudian bernapas menggunakan mulut. Tindakanini akan memberikan tekanan pada bagian hidung yang mimisan dan dapat menghentikan darah yang mengalir. 

2. Condongkan Tubuh ke Depan

Ketika mimisan, usahakan duduk tegak, condongkan tubuh sedikit ke depan, dan bernapas secara perlahan menggunakan mulut. Posisi itu membuat darah tidak akan mengalir kembali ke tenggorokan, sehingga orang yang sedang mimisan tidak akan tersedak darah yang bisa berakibat muntah.

3. Jangan Menyumpal Hidung

Menyumpal hidung ketika mimisan justru memperburuk pendarahan. Pembuluh darah bisa iritasi akibat penyumpalan hidung.

4. Kompres Dingin

Kompres dingin akan memperlambat pendarahan. Suhu dingin bisa memperkecil pembuluh darah, sehingga mimisan dapat berhenti dengan cara menempelkan kompres dingin ke bagian pangkal hidung.

5. Menggunakan Obat Semprot

Obat semprot yang dapat menghentikan mimisan adalah jenis dekongestan, yang diberikan dengan cara menyemprotkan ke sisi hidung. Namun obat ini tidak dapat digunakan dalam jangka waktu yang lama. Itu dia lima langkah menghentikan mimisan yang dapat dicoba di rumah. Apabila mimisan telah reda, usahakan jangan menggosok-gosok hidung secara kasar.

Editor : Iskandar Nasution

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut