get app
inews
Aa Read Next : BMKG Sebut Awal Musim Penghujan di Banten dan Jakarta Mulai November

Musim Hujan Tiba, Yuk Perhatikan 5 Tips Berikut Agar Tubuh Tetap Fit

Kamis, 13 Oktober 2022 | 17:43 WIB
header img
5 tips agar tubuh tetap fit di musim penghujan. Foto Freepik (Lifestylememory)

PANDEGLANG, iNewsPandegelang.id – Memasuki akhir tahun seperti sekarang musim penghujan pun tak terhindarkan, akibatnya tubuh kita rentan terkena penyakit seperti flu, demam dan lainnya. Selain berdampak pada kesehatan, cuaca hujan juga bisa menghambat aktivitas sehari-hari kita yang mengharuskan keluar rumah, entah itu pergi bekerja atau untuk kegiatan lainnya. 

Untuk mengantisipasi  jatuh sakit dan menjaga agar tubuh tetap fit di saat musim penghujan, berikut 5 tips yang bisa kamu lakukan 

1. Sedia Payung Atau Jas Hujan

Terkena Air Hujan bisa menyebabkan tubuh kedinginan dan menyebabkan demam, untuk menghindari kondisi yang tak mengenakan ini, sebaiknya bawa payung saat hendak bepergian keluar rumah untuk berjaga-jaga apabila hujan turun tiba-tiba. 

Jika kamu mengendarai kendaraan bermotor dan tidak memungkinkan untuk membawa payung, maka bisa membawa jas hujan. Dengan begitu kamu aman dari guyuran air hujan yang bisa datang kapan saja.

2. Minum-minuman Hangat dari Bahan Alami

Agar tubuh tetap fit, minum air hangat seperti wedang jahe, teh, atau minuman hangat dari bahan alami seperti minuman tradisional lainnya bisa menjadi pilihan buat kamu di kala cuaca dingin saat musim hujan. Selain tubuh menjadi terasa hangat, minuman dari bahan-bahan alami juga dapat tubuh.  Indonesia dikenal sebagai negara yang kaya akan rempah dan tumbuhan alami yang bermanfaat bagi kesehatan. Minum-minuman juga bisa meringankan perut kembung dan masuk angin saat cuaca dingin pada musim hujan.

3. Konsumsi Makan Sehat & Minum Vitamin

Memperhatikan nutrisi makanan sangat penting untuk menjaga daya tahan tubuh, saat tubuh kekurangan nutrisi maka beresiko menurunnya imunitas tubuh, sehingga tubuh jadi mudah terserang penyakit. Makanan yang mengandung protein hewani seperti ikan atau daging, serta sayur dan juga buah-buahan. Bila perlu konsumsi vitamin C agar kebutuhan nutrisi tercukupi dan kamu bisa tetap beraktivitas meskipun cuaca hujan.

4. Cuci Tangan & Kaki Lebih Sering

Selama musim hujan, gejala flu bisa menular dari mana saja dengan  mudah. Untuk menjaga agar tetap aman, cucilah tangan lebih sering dan bawa hand sanitizer saat bepergian ke luar. Cuci tangan dan kaki saat kembali ke dalam rumah terutama jika kondisi di luar becek akibat genangan air hujan.

5. Mandi Air Hangat

Jika kamu basah kuyup terkena hujan, segerakan untuk mandi dengan air hangat. Ini membantu tubuh kembali ke suhu normal setelah kedinginan karena terkena hujan. Selain itu mandi air hangat juga bisa membuat tubuh menjadi lebih rileks dan membuat kamu fresh kembali.

Nah, itulah 5 tips agar tubuh tetap fit memasuki musim penghujan, jangan lupa bagikan ke orang tersayang disekitarmu ! 

Editor : Iskandar Nasution

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut