get app
inews
Aa Read Next : Demi Tunaikan Salat Tarawih Berjemaah di Masjid Australia, WNI Tempuh Perjalanan Ratusan Kilometer

Kisah Huang Hua, Ratu Bulu Tangkis Asal China Menikah dengan Pria Klaten dan Jadi WNI

Minggu, 09 Oktober 2022 | 22:15 WIB
header img
(Foto: Ilustrasi)

JAKARTA, iNewsPandeglang.id - Kisah Huang Hua, ratu bulu tangkis asal China yang menjadi WNI , Pada era 1990-an pastinya  bagi penggemar bulu tangkis sudah tidak asing dengan Huang Hua. Huang Hua adalah ratu bulu tangkis China yang meraih gelar juara dunia di sektor tunggal putri pada tahun 1991. Ia bisa disebut sebagai rival dari wakil tunggal putri Indonesia, Susi Susanti.

Huang Hua pernah menjuarai Piala Uber tahun 1990 dan 1992. Namun, saat kariernya sedang di puncak ia memutuskan untuk pension. Tidak lama kemudian, Huang Hua juga menjadi warga negara Indonesia alias WNI karena Huang Hua Menikahi Pria Klaten.


(Foto: YouTube Huang Hua)

Huang Hua adalah mantan pemain bulu tangkis profesional yang lahir pada 16 November 1969 di Guangxi, China. Ia lahir pasangan Shin Juan dan Huang Yu Hui. Sebelum menjadi ratu bulu tangkis China, Huang Hua memang telah menekuni olahraga badminton sejak dini. Ia telah meraih banyak prestasi junior hingga akhirnya masuk Tim Nasional China dan mendominasi di kelasnya dari tahun 1980-an hingga 1990-an.
 

Ia meraih sejumlah individu bergengsi antara lain adalah Swedia Open 1990, Malaysia Open 1990 dan 1992, Jepang Open 1990 dan 1991, Thailand Open 1990, Singapura Open 1991, Korea Open 1991, dan China Open 1991. Era kejayaan Huang Hua sezaman dengan masa keemasan tunggal putri Indonesia, Susi Susanti. Mereka pernah terlibat duel epik di semifinal Olimpiade Barcelona 1992.

Susi Susanti saat itu berhasil mengalahkan Huang Hua dan meraih medali emas. Sementara, Huang Hua pada akhirnya meraih perunggu.

Pada tahun 1993, Huang Hua memutuskan untuk pensiun di tengah masa gemilangnya. Rupanya, ia menjalin hubungan kasih dengan seorang pria asal Indonesia, Tjandra Budi Darmawan. Huang Hua berkenalan dengan Tjandra berkat dikenalkan oleh sang pelatih ketika ia tampil di Indonesia Open 1991 yang digelar di Malang. Tak lama setelah gantung raket, Huang Hua kemudian menikah dengan pengusaha asal Klaten, Jawa Tengah tersebut. 

Ia kemudian menjadi WNI dan menetap di Jawa Tengah tepatnya di Jalan Mayor Kusmanto, Sekarsuli, Klaten Utara, Kabupaten Klaten. Kini, Huang Hua telah menjadi seorang ibu rumah dan mengurus tiga orang anak serta membantu suaminya dalam menjalankan bisnis properti.
 

Editor : Iskandar Nasution

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut