get app
inews
Aa Read Next : Dunia Hiburan Berduka: Artis Lawas Puput Novel Tutup Usia, Dewi Yull Beri Doa Terbaik

Deretan Artis Cantik Keturunan Pahlawan Indonesia, Nomor 1 Turunan Ke-7 Pangeran Diponegoro

Jum'at, 07 Oktober 2022 | 10:31 WIB
header img
Maia Estianty (Foto: Instagram/Maia Estianty)

JAKARTA, iNewsPandeglang.id –Tanggal 10 November merupakan Hari Pahlawan Nasional. Pada Hari ini, seluruh masyarakat Indonesia memperingati Hari Pahlawan Nasional pada 10 November. Peringatan ini bertujuan demi mengenang Kembali jasa para pahlawan yang telah memperjuangkan kemerdekaan Indonesia. 

Bicara tentang Hari Pahlawan, ternyata terdapat beberapa selebriti Tanah Air yang merupakan keturunan para pahlawan Indonesia. Penasaran siapa saja mereka? Simak daftarnya seperti dirangkum pada Rabu (10/11/2021). 


(Foto: Instagram)

1. Asri Welas 

  Siapa yang menyangka bahwa aktris Asri Welas merupakan keturunan dari Pangeran Diponegoro. Pemain film Cek Toko Sebelah ini rupanya keturunan ketujuh Pangeran Diponegoro. Seperti yang kita tahu bahwa Pangeran Diponegoro adalah salah seorang pahlawan yang memimpin Perang Diponegoro atau Perang Jawa selama periode era 1825 hingga 1830 melawan pemerintah Hindia Belanda


2. Maia Estianty

 Selanjutnya ada Maia Estianty. Musisi yang kini sibuk menjadi juri Indonesian Idol tersebut merupakan keturunan dari salah satu pahlawan Indonesia, Hadji Oemar Said Tjokroaminoto, atau lebih dikenal dengan nama HOS Cokroaminoto. Dia merupakan salah satu pemimpin organisasi pertama di Indonesia, yaitu Sarekat Islam. Garis keturunan ini didapatkan Maia Estianty dari sang ayah, Haryono Sigit, di mana ibu dari ayahnya tersebut merupakan anak HOS Cokroaminoto.

3.  Dian Sastrowardoyo

Berikutnya, ada Dian Sastrowardoyo, yang kita tahu merupakan keturunan dari salah satu tokoh pergerakan kemerdekaan Indonesia, yaitu Prof Mr Sunario Sastrowardoyo. Sunario merupakan satu-satunya tokoh yang berperan aktif dalam dua peristiwa yang menjadi tonggak sejarah nasional yakni Manifesto 1925 dan Konggres Pemuda II. Aktif sebagai pengacara, Sunario juga membela para aktivis pergerakan yang berurusan dengan polisi Hindia Belanda. 

4. Dewi Yull

Pada urutan keempat, ada Dewi Yull yang berkiprah di dunia hiburan sebagai penyanyi sejak 1977. Tetapi tak banyak diketahui bila pelantun lagu ‘Widuri’ ini ternyata cicit dari RM Tirto Adhi Soerjo. Tirto Adhi Soerjo merupakan seorang tokoh pers dan tokoh kebangkitan nasional Indonesia. Dia dikenal sebagai perintis persuratkabaran dan kewartawanan nasional Indonesia. 

5. Karina Salim

Urutan Terakhir, ada Karina Salim yang merupakan keturunan seorang pahlawan. Dia adalah salah satu cucu dari Haji Agus Salim yang pernah menjabat sebagai Menteri Luar Negeri Indonesia. Haji Agus Salim tersebut telah ditetapkan sebagai salah satu Pahlawan Nasional Indonesia pada 27 Desember 1961 melalui Keppres nomor 657 tahun 1961.

 

Editor : Iskandar Nasution

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut