get app
inews
Aa Read Next : Ketika Presiden Jokowi Mengaku Pusing Kepala Urusan Piala Dunia U-20

Buntut Tragedi Kanjuruhan, 6 Stadion Ini Terancam Batal Menjadi Tempat Laga Piala Dunia U-20

Senin, 03 Oktober 2022 | 23:48 WIB
header img
Stadion Manahan salah satu stadion yang akan menjadi tempat Laga Piala Dunia U-20 2023. Foto Wikipedia

JAKARTA. iNewsPandeglang.id  - Tragedi Kanjuruhan kini sisakan kepiluan dan keprihatinan semua pihak. Tragedi maut usai laga Arema vs Persebaya pada Sabtu, 1 Oktober 2022, kemarin, membuat Liga 1 dihentikan sementara waktu.

Bukan hanya itu saja, namun karena dugaan pelanggaran protokol pengamanan yang sudah ditentukan oleh FIFA, dengan adanya pelemparan gas air mata. Kemungkinan hal itu yang dikhwatirkan publik adalah Indonesia terancam mendapat sanksi dari FIFA  salah satunya dicabutnya status tuan rumah Piala Dunia U-20 2023 mendatang. Dan berdampak pula terhadap enam stadion yang akan digunakan sebagai venue Piala Dunia U-20 yang direncanakan pada 20 Mei hingga 11 Juni 2023 mendatang.

Berikut daftar stadion di Indonesia yang akan digunakan sebagai venue Piala Dunia U-20 2023 diantaranya :

1. Stadion Kapten I Wayan Dipta

Stadion ini merupakan markas Bali United. Awalnya stadion Kapten I Wayan Dipta kumuh dan ditinggalkan.Stadion yang berada di Desa Blahbatuh, Kota Gianyar, Kabupaten Gianyar, Bali dan diresmikan pada 19 Februari 2003.

Namun, saat ini, Stadion Kapten I Wayan Dipta menjadi salah satu stadion terbaik di Indonesia. Stadion memeiliki fasilitas kelas satu. Stadion Kapten I Wayan Dipta mampu menampung 25 ribu penonton.

2. Stadion Gelora bung Tomo

Kandang klub Persebaya ini mampu menampung 50 ribu penonton. Stadion merupakan bagian dari kompleks olahraga Surabaya Sports Center.

Stadion mulai dibuka pada 6 Agustus 2010. Nantinya kursi stadion akan menggunakan single seat sesuai standar FIFA. Akses jalan menuju stadion juga sedang dikerjakan. Stadion juga sedang mengganti rumput sesuai standar internasional.

3. Stadion Manahan

Stadion ini berada di Solo, kota kelahiran Presiden Joko Widodo. Lokasi stadion tepatnya ada di Kelurahan Manahan, Kecamatan Banjarsari. Stadion berkapasitas 25.000 penonton ini merupakan markas dari klub Persis Solo. Manahan merupakan stadion pertama di Indonesia yang menjadi tuan rumah event olahraga difabel terbesar di Asia Tenggara ASEAN Para Games 2011. Stadion ini diresmikan pada tanggal 21 Februari 1998 oleh Presiden Republik Indonesia, Soeharto.

Stadion telah selesai direnovasi pada September 2019. Saat ini stadion bisa menampung 20 ribu kursi.

4. Stadion Si Jalak Harupat

Stadion berlokasi di Kecamatan Kutawaringin, Kabupaten Bandung. Nama Si Jalak Harupat diambil dari julukan salah seorang pahlawan nasional dari Bandung yaitu Otto Iskandardinata. Stadion ini dibangun Januari 2003 dan diresmikan 26 April 2005.

Pada 2010 Stadion Si Jalak Harupat awalnya direnovasi. Fasilitas tribun penonton, ruang ganti pemain, loket tiket, dan bagian-bagian di sekitar stadion diganti. Stadion kini sudah memenuhi standar yang ditetapkan Konfederasi Sepak bola Asia (AFC).

Dampak dari renovasi kapasitas stadion menurun dari 40 ribu menjadi 28 ribu penonton. Stadion pernah menjadi lokasi avenue cabang olahraga sepakbola Asian Games 2018.

5. Stadion Gelora Sriwijaya

Stadion Gelora Sriwijaya berada di dalam kompleks olahraga Jakabaring. Oleh karena itu, stadion ini lebih dikenal dengan Stadion Jakabaring. Stadion Gelora Sriwijaya memiliki kapasitas 40 ribu tempat duduk.

Bentuk stadion mengadopsi bentuk perahu. Bentuk dipakai sebagai simbol kejayaan Kerajaan Sriwijaya sebagai kerajaan maritim terbesar yang pernah ada di nusantara.

Stadion Gelora Sriwijaya Palembang mulai dibangun pada 1 Januari 2001. Dan sering digunakan untuk perhelatan internasional. Pada 2007, stadion digunakan untuk avenu Piala Asia. pada 2011 tempat puncak perhelatan Sea Games 2011, dan pada 2018, bersama SUGBK menjadi tuan rumah Asian Games.

6. Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK)

Stadion yang terakhir adalah SUGBK. Stadion ini merupakan salah satu stadion terbesar di dunia dengan memiliki kapasitas mampu menampung 78 ribu penonton.

Stadion ini dinamai untuk menghormati Presiden Soekarno, Presiden Republik Indonesia pertama. Stadion Utama Gelora Bung Karno ini dibangun pada tanggal 24 Agustus 1962 sebagai kelengkapan sarana dan prasarana dalam rangka Asian Games 1962.

SUGBK sudah mengalami beberapa kali renovasi untuk pagelaran olahraga internasional, yakni 1996 (SEA Games 1997), 2006 (Piala Asia 2007), 2010-2011 (SEA Games 2011), 2016-2018 (Asian Games 2018).

Demikian 6 stadion yang direncanakan akan digunakan sebagai venue Piala Dunia U20 2023. Oleh karena itu dengan adanya tragedi kanjuruhan kita berharap tidak terancam batal jadi tempat laga Piala Dunia U20 karena tempat ini akan tidak berguna.

Editor : Iskandar Nasution

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut