get app
inews
Aa Read Next : Sabet 2 Medali Emas, Kontingen Taekwondo Polda Banten Berhasil Keluar Sebagai Juara

Kapolri Nonaktifkan Kapolres Malang AKBP Ferli Hidayat Buntut Tragedi Arema

Senin, 03 Oktober 2022 | 21:37 WIB
header img
Buntut tragedi Arema, Kapolres Malang AKBP Ferli Hidayat (kiri) dinonaktifkan (Foto: iNews/Avirista Midaada)

MALANG, iNewsPandeglang.id - Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo resmi menonaktifkan AKBP Ferli Hidayat dari jabatannya sebagai Kapolres Malang. Hal itu buntut tragedi Arema di stadion Kanjuruhan, Kabupaten Malang, Jawa Timur yang menelan ratusan jiwa.

Sebelumnya Presiden Jokowi mendesak Kapolri untuk mengusut tuntas tragedi berdarah itu. Kepolisian terus melakukan penyelidikan dan penyidikan untuk mengungkap fakta yang sebenarnya.

Tragedi Arema, kericuhan berawal saat Aremania melemparkan sejumlah flare dan benda-benda lain ke area lapangan. Dua unit mobil polisi menjadi sasaran amukan suporter. Mobil K9 terbakar dan unit lainnya rusak parah dengan posisi miring.

Insiden ini dengan sigap direspon cepat oleh Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo melakukan pemeriksaan terhadap pihak petugas kepolisian yang diduga terlibat. Sehingga Kapolres Malang dinonaktifkan sekaligus diganti dengan pejabat baru.

Kepala Divisi Humas Polri, Dedi Prasetyo menyatakan bahwa Kapolres Malang, AKBP Firli Hidayat dimutasikan sebagai pamen ASDM Polri.

"Menonaktifkan sekaligus mengganti Kapolres Malang AKBP Firli Hidayat dimutasikan jadi Pamen ASDM Polri," ujar, Dedi Prasetyo, Senin (3/10/2022).

Posisi Kapolres Malang, kata Dedi kini dipegang AKBP Putu Kholis Aryawan yang sebelumnya menjabat Kapolres Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara.

"AKBP Ferli Hidayat digantikan AKBP Putu Kholis Aryana yang sebelumnya menjabat Kapolres Pelabuhan Tanjung Priok," jelas Dedi Prasetyo.

Tidak hanya itu, Polri juga sedang memeriksa 28 polisi, 9 di antaranya perwira karena diduga melanggar etik dalam pengamanan di Stadion Kanjuruhan yang menyebabkan kerusuhan.

Dedi memastikan jajarannya masih terus bekerja. Terkait panitia penyelenggara juga masih diperiksa terkait Tragedi Arema.

Editor : Iskandar Nasution

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut