get app
inews
Aa Read Next : Rumah Ludes Terbakar, Warga di Wanasalam Lebak Hanya Punya Pakaian di Badan

Tangki Berbahan Kimia dan Solar di Kawasan Pelindo II Ciwandan Terbakar, Seperti Ini Kondisinya

Minggu, 02 Oktober 2022 | 09:38 WIB
header img
Tangki berbahan kimia dan solar di Kawasan Pelindo II Ciwandan terbakar. Foto Iskandar Nasution

CILEGON, iNewsPandeglang.id - Terbakarnya tangki yang berisi solar / HSD milik PT MUE (Mitra Utama Energi) sebanyak 300 KL di PT Taruna Bina Sarana Kawasan Linc Terminal yang berada di dalam area Pelabuhan PT Pelindo Regional 2 Banten, Kota Cilegon. Dugaan sementara kebakaran akibatkan sambaran petir, Sabtu (01/10/2022) tadi malam.

Kapolres Cilegon Polda Banten AKBP Eko Tjahyo Untoro menyatakan bahwa area TKP (Tempat Kejadian Perkara) sudah diberi garis polisi atau police line dan Tim Inafis Polres Cilegon sudah melakukan pengecekan di lokasi.

"Kita saat ini lagi di lokasi api masih berkobar hebat, sejumlah warga yang dekat ke area kebakaran sudah pada diungsikan. Arus lalu lintas arah Anyer-Cilegon kita tutup dan dialihkan," katanya dalam rekaman suara diterima Minggu, (02/10/22).

Penyebab peristiwa tersebut dugaan sementara diakibatkan sambaran petir disertai hujan deras di wilayah Kecamatan Ciwandan, Kota Cilegon, Sabtu 1 Oktober 2022 malam yang mengenai salah satu tangki kimia milik PT Taruna Bina Sarana.

Petugas Damkar dikerahkan melakukan pemadaman api  yaitu dari Damkar PT Pelindo Regional 2 Banten sebanyak satu unit, Damkar Pemkot Cilegon tiga unit, Damkar ASDP satu  unit.

Adapun kerugian untuk sementara belum bisa ditaksir dan belum ada korban jiwa dalam kejadian tersebut. Api mulai kecil jam 02.00 WIB dan pada jam 03. 40 WIB api sudah dinyatakan padam oleh Damkar Kota Cilegon. Lalu lintas jalan raya Anyer sudah normal, PLN sudah menyala dan jalan ke arah Anyer dan jalur Gerbang Utama PT Pelindo Regional 2 Banten sudah kembali normal.

Sementara Manajer Comercial PT Pelindo II Banten, Irtanto Armawan menyatakan bahwa api sudah berhasil dipadamkan.

"Diduga dari sambaran petir, api sudah bisa dipadamkan pukul 03.40 WIB, Petugas pemadam dari pemkot, ASDP, pelindo. Kebakaran sekitar pukul 23.10 dan api membesar pada pukul 23.30 WIB. Situasi sudah dikatakan aman, lalu lintas sudah normal, PLN sudah menyala," ujarnya.

"Jalur utama Pelindo sudah kembali normal. Ini kan ada yang berisi solar juga, Chemical juga disitu. Yang terbakar solar sebanyak 300KL. Kerugian belum bisa kita taksir, yang penting tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut," tuturnya lagi.

Editor : Iskandar Nasution

Follow Berita iNews Pandeglang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut