get app
inews
Aa
Read Next : Viral, Video Baku Hantam Sejumlah Warga dengan Penambang Pasir Laut di Bayah

Kisah Inspiratif Susi Pujiastuti, dari Putus Sekolah hingga Jadi Pengusaha Pesawat

Selasa, 27 September 2022 | 23:39 WIB
header img
Susi Pudjiastuti (Foto: Instagram)

JAKARTA, iNewsPandeglang.id - Susi merupakan pendiri dari maskapai penerbangan, Susi Air.  Selain dikenal karena pernah menjabat Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti juga terkenal dengan kesuksesan usahanya.

Di balik kesuksesannya sekarang, ada perjuangan yang luar biasa. Dikutip dari berbagai sumber, Setelah berhenti sekolah, karena hidup di lingkungan nelayan, Susi yang lahir pada 15 Januari 1965 mengambil keputusan untuk menekuni bisnis jual beli ikan.


Pada awalmya, modal yang dimilikinya untuk berjualan hanya sekitar Rp750.000. Beranjak remaja, Susi membeli ikan di daerah pelelangan ikan dan menjual hasilnya kepada beberapa restoran. Meski begitu, tidak semua restoran mempercayai ikan yang dijualnya saat baru merintis. Tetapi, berkat konsisten dalam menawarkan dan memilih ikan berkualitas tinggi, maka akhirnya banyak restoran yang menjadi konsumennya.

Pada tahun 1996, atas kerja kerasnya Susi Pudjiastuti mendirikan PT ASI Pudjiastuti Marine Product. Bisnis ekspor ikannya yang didominasi dengan produk lobster. Bahkan, produk-produknya sudah berhasil diedarkan ke berbagai penjuru dunia. Selain menggeluti bisnis di bidang perikanan, Susi juga berbisnis dalam bidang transportasi udara. PT ASI Pudjiastuti Aviation atau Susi Air merupakan perusahaan penerbangan yang dirintisnya sendiri pada tahun 2004.

Pada mulanya hal itu dilakukan Susi agar mempermudah pemasaran produk bisnis ekspor ikannya sekaligus menjaga kesegaran.

Sebab, mengirim hasil laut dalam jumlah banyak akan mengeluarkan banyak tempat dan biaya. Selain itu, Susi juga memikirkan tentang kesegaran lobster. Apabila perjalanan ditempuh begitu lama melalui jalan darat. Penyelesaian masalah tersebut, dari suaminya Christian von Strombeck yang berprofesi sebagai pilot.

Kemudian, Susi Pudjiastuti membuat kesimpulan untuk mendirikan landasan udara dan membeli pesawat yang mampu mengakomodir kebutuhan pengiriman tersebut. Selain menjadi pengusaha, Susi juga pernah menjabat sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan di Kabinet Kerja pada masa kepemimpinan Presiden Joko Widodo yang pertama, yakni Tahun 2014-2019. 

Dia dikenal sebagai menteri yang sangat tegas melalui kebijakan-kebijakannya seperti menghancurkan dan menenggelamkan kapal-kapal yang mencuri ikan di perairan Indonesia.

 

Editor : Iskandar Nasution

Follow Berita iNews Pandeglang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut