get app
inews
Aa
Read Next : Aksi Gila Pria Saudi Jalan kaki 2 Bulan Tempuh Ribuan KM ke Qatar Demi Dukung Timnas Piala Dunia

Kabar Duka, Ulama Tersohor Dunia Syaikh Yusuf Al Qaradawi Tutup Usia

Senin, 26 September 2022 | 23:05 WIB
header img
Syaikh Al Qaradawi dilaporkan meninggal dunia. Foto Twitter Syaikh Al Qaradawi

DOHA, iNewsPandeglang.id - Kabar duka datang dari Qatar, ulama tersohor di dunia Syaikh Yusuf Al Qaradawi tutup usia pada Senin, 26 September 2022. Cendikiawan muslim yang dikenal berani dan kritis ini wafat pada usia 96 tahun.

Kepergian selama-lamanya dari sosok ulama asal Mesir ini dilaporkan oleh Akun Twitter resmi Syaikh Yusuf Al Qaradawi berbahasa arab pada Senin (26/9/2022) sore.

Dalam akun tersebut tidak dijelaskan ulama itu menghembuskan nafas terakhir, tetapi ada kabar diduga menderita sakit. Selain itu, terkait jenazah dikuburnya juga belum ada penjelasan.

Syaikh Yusuf Al Qaradhawi yang dikenal tokoh yang kritis dan berani. Maka dari itu, banyak pihak yang tidak senang dengan pandangan atau pun pemikirannya termasuk pemerintahan Mesir, oleh sebab itu, ia  bermukim di Qatar.

Apalagi pada kenyataanya, Ikhwanul Muslimin diketahui saat ini organisasi terlarang di beberapa negara, bahkan di Teluk. Al Qaradawi dilarang masuk Arab Saudi, Uni Emirat Arab, serta Bahrain.

Kondisi ini pula yang membuat Al Qaradawi tak bisa kembali ke Mesir. Namun Qatar, negara yang juga sempat berseteru dengan Arab Saudi, UEA, dan Mesir, menerimanya.

Dia juga dilarang masuk beberapa negara Eropa, seperti Prancis dan Inggris, karena dianggap berpandangan ekstrim.

Semasa hidupnya,  Syaikh Al Qaradawi pernah menjabat sebagai Presiden Persatuan Cendekiawan Muslim Internasional (IUMS), wadah para ulama seluruh dunia.

Editor : Iskandar Nasution

Follow Berita iNews Pandeglang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut