Logo Network
Network

Kapal Ikan Terbakar di Perairan Anyer, 8 ABK Berhasil Diselamatkan

Epul Galih
.
Senin, 26 September 2022 | 21:10 WIB
Kapal Ikan Terbakar di Perairan Anyer, 8 ABK Berhasil Diselamatkan
Kapal ikan terbakar di Perairan Anyer, Banten. 8 ABK berhasil diselamatkan. Foto Ilustrasi (Okezone)

SERANG, iNewsPandeglang.id- Kapal ikan bernama KM Namira 01 terbakar di perairan Anyer tepatnya di sekitar Pulau Sangiang pada Senin, (26/9/2022) sekitar pukul 17.15 WIB. Dari insiden tersebut sebanyak delapan ABK korban kapal terbakar ini akhirnya berhasil diselamatkan.

Diberitakan sebelumnya, Kantor Pencarian dan Pertolongan Banten mendapat laporan dari Vessel Traffic Service (VTS) Merak telah terjadi kapal nelayan terbakar di Perairan Anyer. Kemudian Petugas SAR bergegas ke lokasi untuk mengevakuasi para korban.

Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Banten, Adil Triyanto mengatakan bahwa ke delapan korban berhasil diselamatkan.

"Ya kesemua korban berhasil diselamatkan. Mereka adalah H. Fauzi (pemilik kapal), Subani (Nahkoda), Hakim, Halil, Rahmat, Erik, Rudi, Hendrik,"katanya.

Adil menjelaskan, kronologi peristiwa tersebut bermula saat KM Namira berangkat dari hotel Mambruk pada pukul 14.00 WIB menuju perairan Pulau Sangiang untuk seatrial atau uji coba. Setelah melakukan seatrail pada pukul 16.00 WIB KM Namira bertolak kembali ke Anyer, tetapi dalam perjalanan terdengar suara ledakan dari kamar mesin sebanyak satu kali dan mengakibatkan kapal terbakar.

Selanjutnya, pada pukul 19.00 WIB korban sejumlah delapan orang telah dievakuasi dengan selamat oleh nelayan setempat menuju dermaga Hotel Mambruk, dan selanjutnya para korban di bawa ke Puskesmas Anyer.

"Dengan ditemukannya para korban maka operasi SAR diusulkan untuk ditutup dan dikembalikan ke satuan masing-masing dengan ucapan terimakasih", ujarnya.

Selain Kantor SAR Banten, unsur yang terlibat dalam pencarian korban kapal terbakar ini yaitu dari Lanal Banten, Polair Banten, BMKG Serang, BPBD Kabupaten Serang, Puskesmas Anyer, HNSI Anyer dan Nelayan setempat.

Editor : Iskandar Nasution

Follow Berita iNews Pandeglang di Google News

Bagikan Artikel Ini