Logo Network
Network

Longsor di Malingping Timpa Rumah hingga Rusak Berat, Penghuni Diungsikan

Epul Galih
.
Sabtu, 24 September 2022 | 19:35 WIB
Longsor di Malingping Timpa Rumah hingga Rusak Berat, Penghuni Diungsikan
Tanah longsor menimpa sebuah rumah di Kampung Polotot Selatan, Desa Malingping Selatan, Kecamatan Malingping, Lebak, Banten. Foto Istimewa

LEBAK, iNewsPandeglang.id - Hujan kuat disertai angin yang melanda wilayah selatan Kabupaten Lebak, Banten, mengakibatkan tanah longsor yang menerjang sebuah rumah warga hingga rusak berat di Kecamatan Malingping. Dalam persitiwa itu tidak ada korban jiwa, kini penghuni sudah diungsikan ke rumah tetangganya.

Camat Malingping, Lingga Segara, M.Si., mengatakan bahwa peristiwa tanah longsor di tepi rumah warga itu terjadi pada Jumat (29/9/22) kemarin sore sekitar pukul 16.00 WIB. Akibatnya longsoran itu menimpa rumah warga yang bernama Edi warga Kampung Polotot Selatan, Desa Malingping Selatan, Kecamatan Malingping hingga rusak berat.

"Jadi ini kejadiannya kemarin sore. Tim dari Muspika sudah ke lokasi langsung melaporkan ke BPBD Lebak bersama pihak Desa Malingping Selatan," ucapnya saat dihubungi Sabtu, (24/9/2022).

Camat Lingga menuturkan, tanah longsor tersebut dengan ketinggian sekitar lima meter dan lebar 10 meter menutup bagian rumah, karena kata dia, menjaga kemungkinan longsor susulan penghuni rumah sudah diungsikan.

"Sudah diungsikan ke rumah tetangga dekat. Hari ini juga warga gotong royong membersihkan material longsor. Bersama Kades Malingping Selatan Bapak Aceng Junaedi kita sudah mengirimkan bantuan alakadarnya. Namun bantuan dari BPBD belum datang dikarenakan di selatan banyak, bukan hanya Malingpjng saja yang terdampak banjir dan longsor, jadi petugas masih proses pendataan,"katanya.

Pihaknyapun berharap tidak menutup kemungkinan jika ada pihak - pihak yang membantu agar warganya tersebut bisa kembali secepatnya untuk memperbaiki rumahnya yang rusak hingga bisa ditempati kembali.

Sementara itu, informasi yang berhasil dihimpun dari BPBD Kabupaten Lebak banjir dan tanah longsor yang terjadi di Lebak Selatan pada Jumat 23 September 2022 sekitar pukul 15.30 WIB di Kecamatan Bayah, Panggarangan, Cilograng, Malingping .

Dari data sementara, puluhan rumah terendam banjir dan belasan rumah terdampak tanah longsor. Hingga saat ini petugas masih melakukan proses pendataan.

Editor : Iskandar Nasution

Follow Berita iNews Pandeglang di Google News

Bagikan Artikel Ini