Jangan Disepelekan, Ini 7 Ciri-ciri Kanker Kelenjar Getah Bening

Muhammad Sukardi
.
Kamis, 22 September 2022 | 20:24 WIB
Ilustrasi (Foto: iNews)

JAKARTA, iNewsPandeglang.id –  Beberapa Ciri-ciri kanker kelenjar getah bening stadium 1 perlu untuk diketahui. Masalah kesehatan yang satu ini kerap diabaikan, padahal sebenarnya bisa mengancam nyawa jika terlambat ditangani.

Kanker kelenjar getah bening  biasa disebut dengan limfoma. Limfoma merupakan kanker yang terjadi karena perubahan menuju keganasan dan perbanyakan diri secara tidak terkendali oleh sel darah putih di kelenjar getah bening atau organ pembentuk sel darah putih lainnya. Sistem limfatik ini bukan hanya kelenjar getah bening saja, tetapi juga termasuk limpa, kelenjar timus, dan sumsum tulang. Nah, ketika seseorang didiagnosis limfoma, artinya ada kanker di area-area tersebut.

Menurut laporan Mayo Clinic, limfoma dibagi menjadi dua tipe yaitu limfoma Hodgkin dan limfoma Non-Hodgkin. Penanganan limfoma akan tergantung sekali pada jenis limfoma yang ditemukan dan tingkat keparahannya. Mengetahui ciri-ciri kanker kelenjar getah bening stadium 1 ini penting. Hal ini agar bila Anda atau orang terdekat mengalami gejala tersebut, bisa segera mencari pertolongan dokter untuk tindakan lebih lanjut.

Jadi, berikut ini ciri-ciri kanker kelenjar getah bening stadium 1, seperti dirangkum pada Kamis (22/9/2022). Ciri-ciri kanker kelenjar getah bening stadium 1:

1. Kelelahan yang terjadi terus menerus juga dapat menjadi ciri-ciri kanker kelenjar getah bening

2. Pembengkakan kelenjar getah bening tanpa rasa sakit di leher, ketiak, atau selangkangan

3. Demam disertai ciri-ciri kanker kelenjar getah bening tersebut juga perlu diwaspadai 

 4. Ciri-ciri kanker kelenjar getah bening lainnya yakni sering berkeringat di malam hari

5. Sesak napas

6. Penurunan berat badan yang tidak bisa dijelaskan

7. Kulit terasa gatal

Kapan harus bertemu dokter?  Jika Anda memiliki salah satu atau beberapa ciri-ciri kanker kelenjar getah bening, Anda disarankan untuk segera bertemu dokter Anda. Apalagi bila ciri-ciri kanker kelenjar getah bening itu muncul dalam waktu yang terbilang lama dan sudah mengganggu aktivitas harian Anda.

Demikian informasi mengenai ciri-ciri kanker kelenjar getah bening stadium 1 yang perlu Anda perhatikan. Semoga bisa menjadi pengingat untuk segera ke dokter jika mengalami gejala-gejala tersebut.
 

Editor : Iskandar Nasution
Bagikan Artikel Ini