get app
inews
Aa Read Next : Viral! Stres dengan Pelajaran, Siswa SMP Laporkan Gurunya ke Polisi

10 Daftar Kota Terkaya di Dunia, 4 Diantaranya Ada di Asia

Kamis, 15 September 2022 | 16:42 WIB
header img
Peta Dunia (Foto: musiumnasional/Istimewa)

NEW YORK, iNewsPandeglang.id - Konsultan migrasi investasi Henley & Partners mengeluarkan daftar kota terkaya di dunia tahun ini. Dari 10 kota, 4 di antaranya ada di Asia.  Di urutan pertama kota terkaya dunia tahun ini adalah New York City.

Kota ini merupakan rumah bagi individu dengan kekayaan bersih paling tinggi di dunia, di mana sekitar 345.600 orang disebut centi-jutawan (kekayaan 100 juta dolar AS atau lebih) dan 59 miliarder tinggal di Big Apple.

Laporan tersebut menemukan, sekitar 4 persen dari 8,38 juta warga New York memiliki aset yang dapat diinvestasikan, seperti properti, uang tunai atau saham senilai lebih dari 1 juta dolar AS. Jumlah itu turun secara signifikan menjadi 15.470 orang ketika menilai mereka yang memiliki aset lebih dari 10 juta dolar AS. Total kekayaan pribadi yang dimiliki warga New York melebihi 3 triliun dolar AS. Hebatnya, itu lebih dari total kekayaan pribadi yang dimiliki di sebagian besar negara utama G-20.

Sementara ibu kota Jepang, Tokyo, berada di peringkat kedua dengan 304.900 individu dengan kekayaan bersih tertinggi. Dibandingkan dengan New York, proporsi jauh lebih kecil dari mereka memiliki aset senilai lebih dari 10 juta dolar AS.

Laporan tersebut menemukan 7.350 orang di Tokyo adalah multijutawan, 263 memiliki kekayaan di atas 100 juta dolar AS dan 12 adalah miliarder. San Francisco Bay Area, yang meliputi Silicon Valley melengkapi tiga kota terkaya teratas, dengan 276.400 individu dengan kekayaan bersih tertinggi, 12.890 orang di antaranya adalah multijutawan. Laporan itu menyebutkan, 623 orang memiliki aset senilai 100 juta dolar AS dan 62 miliarder tinggal di kota itu.

Los Angeles, Chicago, dan Houston adalah kota-kota AS lainnya di peringkat 10 besar, masing-masing menempati peringkat ke-6, ke-7, dan ke-8. Namun, lima kota teratas dengan populasi jutawan dengan pertumbuhan tercepat tidak ada di AS. Riyadh di Arab Saudi, Sharjah, dan Dubai di Uni Emirat Arab, Lusaka di Zambia, dan Luanda di Angola memimpin. Pada paruh I 2022, mereka melihat peningkatan hingga 20 persen dalam hal populasi kekayaan bersih.

Laporan tersebut mengaitkan hal ini dengan industri minyak dan gas yang berkembang pesat, yang telah berkembang seiring dengan melonjaknya harga energi dan mendorong pasar saham di wilayah itu Dari 10 kota teratas dengan jumlah individu berpenghasilan terbesar, tujuh kota mengalami penurunan. Hanya San Francisco Bay Area, Singapura, dan Houston yang mengalami pertumbuhan.

New York misalnya, mengalami penurunan 12 persen pada individu dengan kekayaan bersih tertinggi pada 2022, sementara Los Angeles mengalami penurunan 6 persen, dan proporsi warga ultrakaya di Chicago turun sebesar 4 persen. Biasanya, individu dengan kekayaan bersih terbesar di AS terkait dengan menemukan peluang bisnis yang lebih baik di kota atau negara bagian lain. Juga, masalah keamanan dan perpajakan adalah pendorong utama.

"Jumlah individu dengan kekayaan bersih tinggi di seluruh dunia turun 5 persen dalam periode enam bulan hingga Juni 2022. Penurunan ini terutama disebabkan oleh kinerja indeks pasar saham utama yang buruk," kata Andrew Amoils, Kepala Penelitian di New World Wealth, yang berkolaborasi dengan Henley & Partners, dikutip dari CNBC Make It, Kamis (15/9/2022). Itu berarti penurunan populasi dengan kekayaan bersih terbesar tidak hanya terkait dengan orang yang pindah ke kota yang berbeda tapi karena hanya ada lebih sedikit orang yang termasuk dalam kategori ini. Berbagai kota besar di Eropa dan Asia juga mengalami penurunan populasi dengan kekayaan bersih tertinggi.

London misalnya, mencatat penurunan 9 persen, menyebabkan kota ini turun ke urutan keempat dalam peringkat keseluruhan. Sementara itu, ibu kota Prancis, Paris, turun tiga peringkat ke peringkat 20. Kota itu kehilangan 12 persen individu dengan kekayaan bersihnya yang tinggi.

Berikut ini 10 kota terkaya di dunia dan berapa banyak individu berpenghasilan tinggi yang tinggal di masing-masing kota tersebut, menurut laporan Henley & Partners:

1. New York, AS 

Ada 345.600 individu berpenghasilan tinggi

2. Tokyo, Jepang

Ada 304.900 individu berpenghasilan tinggi

3. San Francisco Bay Area

Ada 276.400 individu berpenghasilan tinggi London,

4. Inggris Raya

Ada 272.400 individu berpenghasilan tinggi

5. Singapura,

Singapura Ada 249.800 individu berpenghasilan tinggi

6. Los Angeles, AS

Ada 192.800 individu berpenghasilan tinggi

7. Chicago, AS

Ada 160.100 individu berpenghasilan tinggi

8. Houston, AS

Ada 132.600 individu berpenghasilan tinggi

9. Beijing, China

Ada 131.500 individu berpenghasilan tinggi

10. Shanghai, China

Ada 130.100 individu berpenghasilan tinggi
 

Editor : Iskandar Nasution

Follow Berita iNews Pandeglang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut