get app
inews
Aa Read Next : Panglima TNI hingga Kapolri Main Wayang Orang, Lestarikan Budaya Indonesia

Cerita Misteri Waduk Paling Seram di Gresik, Harus Gelar Wayang Sebelum Panen Ikan

Rabu, 14 September 2022 | 18:08 WIB
header img
Misteri waduk Bunder di Gresik (Foto: Instagram oky_fprasetyo)

JAKARTA, iNewsPandeglang.idKisah misteri di berbagai daerah selalu saja membuat orang penasaran. Salah satunya, kisah misteri yang tersimpan di waduk Bunder GresikWaduk merupakan salah satu sumber air untuk mengairi pesawahan di areanya. Selain bermanfaat, tempat tersebut juga tak lepas dari kisah misteri, misalnya Waduk Bunder di Gresik, Jawa Timur.

Dikutip dari channel YouTube MSPe Story, jika dilihat secara geografis, waduk Bunder termasuk ke dalam Desa Banjarsari, Kecamatan Cermai Kabupaten Gresik, Jawa Timur.

Terdapat pulau kecil yang disebut Gemuk atau Bagending, lokasinya berdekatan dengan bibir waduk. Konon legendanya Gemuk di waduk Bunder ini merupakan tempat sakral. Masyarakat sekitar sempat mengatakan, sering terdengar suara gamelan dari waduk Bunder.

Selain itu, saat terdengar suara gamelan dan mencoba mendatangi asal suara tersebut, malah tempat itu kosong. Tak ada apa pun selain tanah dan rumput yang dikelilingi oleh air. Ditambah lagi Gemuk ini ditumbuhi semak belukar, dan rerumputan yang tinggi, semakin memperlihatkan kesan Mistis dan mencekam.

Kemudian, anehnya saat musim kemarau dan air waduk surut, Gemuk tidak memperlihatkan bentuknya semakin tinggi. Begitu juga saat musim hujan, di mana air waduk meninggi, Gemuk tidak tenggelam.

Konon, berdasarkan kisah dari masyarakat, terdapat jelmaan ular raksasa di Gemuk Waduk Bunder ini. Sebelum memanen ikan, pengelola waduk akan mengadakan pergelaran wayang. Jika tidak menggelar pertunjukan tersebut, maka akan terjadi hal-hal ganjil atau hal lainnya. Pernah suatu hari, penyewa waduk tidak melakukan pergelaran wayang. Lalu setelah itu ikan yang didapat sedikit dan malahan lebih banyak ular berukuran kecil.

Hingga saat ini sebagian masyarakat setempat meyakini, Gemuk di waduk tersebut merupakan pusat kerajaan gaib. Maka dari itu tempat ini disakralkan. Pernah salah satu warga yang memiliki kelebihan bisa melihat hal-hal tak kasat mata, bernama Dian.

Dia melihat ular berkepala dua dan ular berukuran besar di sekitar waduk. Ini terjadi pada saat menjelang Maghrib. Selain itu banyak sosok lainnya di sekitar waduk.

Sementara itu, dikutip dari channel YouTube Saung Santri Kyai, menurut tim channel tersebut menjelaskan di waduk itu terdapat dua penguasa besar Waduk Bunder, yakni siluman naga dan siluman buaya. Salah satu penguasa di danau itu mengatakan, apabila terjadi hal-hal ganjil maka mereka sedang menginginkan sesuatu, seperti persembahan pergelaran wayang.
 

Editor : Iskandar Nasution

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut