get app
inews
Aa Read Next : Tips Aman Tinggalkan Rumah Saat Mudik Lebaran 2024 Ala PLN

Hilangkan Subsidi, Golongan Listrik 450 VA Dihapus seperti BBM Premium

Selasa, 13 September 2022 | 13:22 WIB
header img
Hilangkan Subsidi, Golongan Listrik 450 VA Dihapus seperti BBM Premium. (Foto Okezone)

JAKARTA, iNewsPandeglang.id – Pemerintah dan Badan Anggaran (Banggar) DPR RI sepakat menghapus daya listrik 450 volt ampere (VA) untuk rumah tangga. Di mana gantinya masyarakat miskin yang saat ini memiliki daya listrik 450 VA akan dinaikkan menjadi 900 VA.

 

Peraturan mengenai kelompok yang berhak mendapat subsidi tarif listrik sendiri tertuang dalam Peraturan Menteri ESDM No. 29 Tahun 2016 tentang Mekanisme Pemberian Subsidi Tarif Tenaga Listrik untuk Rumah Tangga.

 

Pada Pasal 2 ayat (1) beleid itu, diterangkan bahwa subsidi tarif listrik untuk rumah tangga dilaksanakan melalui PLN dan diberikan kepada pelanggan rumah tangga dengan daya 450 VA dan 900 VA masyarakat prasejahtera yang masuk dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS).

 

Pengamat Kebijakan Publik dari Universitas Trisakti Trubus Rahadiansyah mengatakan bahwa kebijakan pemerintah tersebut terlalu dipaksakan dan nantinya akan memberatkan masyarakat.

 

"450 VA itu memang untuk masyarakat bawah, kalau harus diubah menjadi 900 ataupun kemudian diubah menjadi 1200. Jadi kalo yang terjadi seperti itu penghapusan ini memang semata-mata memang kelihatannya keinginan pemerintah untuk mengurangi subsidi," kata Trubus saat dihubungi MNC Portal, Selasa (13/9/2022).

 

Dia menuturkan sistem pola tersebut seperti yang tengah dilakukan pada badan usaha milik negara pertamina. Menurut dia, pemerintah dan DPR mengambil langkah tersebut untuk mengurangi beban subsidi.

Editor : Iskandar Nasution

Follow Berita iNews Pandeglang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut