get app
inews
Aa Read Next : 7 Tips Ampuh Menghindari Cacar Monyet yang Sedang Menyebar

Inilah 9 Penyebab Gusi yang Bikin Nyeri Tak Bisa Tidur

Jum'at, 09 September 2022 | 18:37 WIB
header img
Penyebab gusi bengkak cukup beragam. (Foto: Ilustrasi)

JAKARTA, iNewsPandeglang.id - Penyebab gusi bengkak cukup beragam. Namun, pada kebanyakan kasus, hal itu terjadi akibat kebiasaan sehari-hari yang tidak benar, seperti kurang menjaga kesehatan gigi dan mulut. Anda perlu memahami penyebab gusi bengkak agar dapat mencegah Anda mengalami kondisi tersebut.

Ketika gusi bengkak, bukan hanya rasa tidak nyaman di area mulut yang Anda rasakan, tetapi juga nyeri hingga sakit kepala. Jika kondisinya sudah sangat buruk, gusi bengkak bahkan bisa menyebabkan komplikasi serius. Sebab itu, Anda perlu mengetahui penyebab gusi bengkak. Ini demi menghindari atau mencegah gusi bengkak akibat kebiasaan-kebiasaan sehari-hari yang tidak disadari.

Lantas, apa saja penyebab gusi bengkak? Berikut daftarnya seperti dilansir dari laman resmi Mount Sinai Hospital New York.

1.Gusi yang meradang (gingivitis),

Gusi yang meradang atau gingivitis bisa menjadi penyebab gusi bengkak. Penyakit gusi yang satu ini diakibatkan oleh kebersihan mulut yang buruk.

2. Infeksi virus atau jamur

Penyebab gusi bengkak berikutnya, yakni infeksi virus atau jamur. Ada beberapa masalah infeksi pada mulut yang bisa menyebabkan gusi bengkak. Di antaranya virus Herpes (HSV-1), coxsackievirus, terinfeksi bakteri tertentu, hingga kurang menjaga kebersihan mulut dan gigi.
 

3. Malnutrisi

Malnutrisi juga bisa menjadi penyebab gusi bengkak. Anda disarankan mengonsumsi makanan dan minuman yang dapat memenuhi nutrisi harian Anda.

4. Gigi palsu

yang tidak pas Pemasangan gigi palsu yang tidak pas juga bisa menjadi penyebab gusi bengkak. Ini pada akhirnya bisa menyebabkan nyeri yang tidak nyaman dan perlu segera ditangani.

5. Kehamilan

Penyebab gusi bengkak selanjutnya, adalah kehamilan. Ini adalah suatu hal yang normal karena disebabkan oleh perubahan hormon selama kehamilan.

6. Sensitif terhadap pasta gigi atau obat kumur

Bila Anda sensitif terhadap pasta gigi atau obat kumur tertentu, Anda juga bisa mengalami gusi bengkak. Segera hentikan penggunaan bila hal tersebut terjadi.

7. Kekurangan vitamin C

Kekurangan vitamin C tanpa disadari juga bisa menjadi penyebab gusi bengkak. Jika ini adalah penyebabnya, Anda disarankan makan makanan kaya vitamin C atau mengonsumsi suplemen.

8. Efek samping obat tertentu

Penyebab gusi bengkak lainnya adalah efek samping obat tertentu. Bila ini penyebabnya, Anda bisa konsultasikan ke dokter Anda.

9. Sisa makanan yang tersangkut di sela gigi

Penyebab gusi bengkak di urutan terakhir adalah sisa makanan yang tersangkut di sela-sela gigi. Nah, Anda perlu memperhatikan lagi kebersihan gigi dan mulut Anda dengan rajin sikat gigi. Jika gusi bengkak sudah terjadi, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan agar kondisinya tidak semakin buruk.

Di antaranya saja memastikan konsumsi buah dan sayur yang cukup. Kemudian, hindari makanan dan minuman manis. "Direkomendasikan juga untuk tidak makan popcorn atau keripik apapun yang mana jenis makanan ini bisa terselip di sela gigi dan akhirnya sebabkan pembengkakan," tulis laman kesehatan tersebut.

Hindari juga hal-hal yang dapat mengiritasi gusi, seperti obat kumur, minuman beralkohol, atau tembakau. Tetap sikat gigi dengan benar walau gusi bengkak. Ingat, gosoknya secara lembut. Disarankan juga tetap membersihkan sela gigi dengan benang untuk memaksimalkan pembersihan gigi.

"Jika gusi bengkak akibat obat tertentu, bicarakan dengan dokter Anda untuk mengubah jenis obatnya. Jangan lakukan sesuatu yang berkaitan dengan obat tanpa persetujuan dokter."
 

Editor : Iskandar Nasution

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut