get app
inews
Aa Read Next : Heboh! Bule Amerika Coba Culik Bocah Perempuan 8 Tahun di Bali

Kenangan Ratu Elizabeth II saat Berkunjung ke Bali

Jum'at, 09 September 2022 | 12:16 WIB
header img
Raja Charles III Pewaris Tahta Elizabeth II ( Foto : Istimewa)

JAKARTA, iNewsPandeglang.id – Ratu Elizabeth II telah meninggal dunia. Namun kenangannya masih membekas, seperti saat dirinya berkunjung ke Bali pada 1974.

Kunjungan Ratu saat itu menjadi tanda babak baru hubungan Indonesia-Inggris.

Kedatangan Ratu Inggris Elizabeth II ke Indonesia merupakan peristiwa unik dan bersejarah. Unik karena Ratu Elizabeth II dan suaminya, Pangeran Philip, datang menggunakan kapal pesiar.

"Sangat jarang kepala negara atau pemerintahan melawat ke negara lain dengan naik kapal laut, kecuali hanya memakai pesawat terbang," tulis informasi yang dikutip dari Instagram @perfectlifeid, Jumat (9/9/2022).

Ratu Inggris naik kapal pesiar kerajaan, Royal Yacht Britannia. Dalam pelayaran dari Bali, rombongan ratu dikawal ketat oleh kapal fregat HMS Argonaut dan KRI Samadikun.

Kapal Ratu Elizabeth dan rombongan pun berlabuh di Pelabuhan III Samudera Pura, Tanjung Priok, Jakarta Utara.

Kedatangan Ratu Inggris san suaminya di Jakarta langsung disambut Presiden Soeharto dan Ibu Tien serta Gubernur DKI Jakarta kala itu, Ali Sadikin.

Sambutan meriah dilakukan, salah satunya dengan pawai ondel-ondel. Selama di Jakarta, keduanya juga diajak mengunjungi Kota Tua.

Setelah dari Jakarta, keduanya bertolak ke Yogyakarta dan disambut langsung Sri Sultan Hamengkubuwono IX di Keraton Yogyakarta. Sambutannya pun tak kalah meriah, dengan ratusan prajurit kraton dilibatkan.

 

Editor : Iskandar Nasution

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut