get app
inews
Aa Read Next : Atasi Insomnia dengan 2 Cara Ampuh Menurut Ahli, Jangan Lewatkan!

Susah Tidur? Ini 10 Cara Mencegah Insomnia

Senin, 15 Agustus 2022 | 20:42 WIB
header img
Ilustrasi tidur (Foto: Istimewa)

iNewsPandeglang.id - Mengidap insomnia memang bikin susah sebab penderitanya jadi kurang tidur. Saat mengalami hal ini, jangan gunakan pil tidur untuk mengatasi insomnia sebab jika digunakan jangka panjang sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh.

Untuk insomnia kronis, Anda memerlukan perawatan untuk kondisi atau masalah kesehatan yang terjadi pada diri anda.

Dokter mungkin juga akan menyarankan terapi perilaku. Hal tersebut dapat membantu Anda untuk mengubah hal-hal yang Anda lakukan yang dapat bersifat memperburuk insomnia dan mempelajari apa yang dapat Anda lakukan untuk membuat Anda tidur.

Nah, berikut ini sejumlah cara mencegah insomnia:

1. Tidurlah pada waktu yang sama setiap malam dan bangun pada waktu yang sama setiap pagi. Usahakan untuk tidak tidur siang di siang hari, karena bisa membuat Anda kurang mengantuk di malam hari.

2. Jangan gunakan ponsel atau e-book sebelum tidur. Cahaya mereka bisa membuat Anda lebih sulit tidur.

3. Hindari kafein, nikotin, dan alkohol di siang hari. Kafein dan nikotin adalah stimulan dan dapat membuat Anda tidak tertidur. Alkohol dapat membuat Anda terbangun di tengah malam dan merusak kualitas tidur Anda.

4. Berolahragalah secara teratur. Usahakan untuk tidak berolahraga menjelang waktu tidur, karena dapat membuat Anda sulit tidur. Para ahli menyarankan untuk berolahraga setidaknya 3 hingga 4 jam sebelum tidur.

5. Jangan makan makanan berat di sore hari. Tetapi camilan ringan sebelum tidur dapat membantu Anda tidur.

6. Buatlah kamar tidur Anda nyaman: gelap, tenang, dan tidak terlalu hangat atau terlalu dingin. Jika cahaya menjadi masalah, gunakan masker tidur. Untuk menutupi suara, coba gunakan headset.

7. Ikuti rutinitas untuk bersantai sebelum tidur. Baca buku, dengarkan musik, atau mandi.

8. Jangan menggunakan tempat tidur Anda untuk hal lain selain untuk tidur.

9. Jika Anda tidak bisa tidur dan tidak mengantuk, bangunlah dan lakukan sesuatu yang menenangkan, seperti membaca sampai Anda mengantuk.

10. Jika Anda merasa khawatir tentang berbagai hal, buatlah daftar hal yang harus dilakukan sebelum tidur. Ini dapat membantu Anda mengesampingkan kekhawatiran untuk pada

Editor : Iskandar Nasution

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut