get app
inews
Aa Read Next : Datangi warga dan Ponpes, personel Satlantas bagikan makanan untuk berbuka puasa

5 Camilan Sehat Malam Hari Untuk Mengatasi Susah Tidur, Pengidap Insomnia Wajib Tahu!

Rabu, 26 Oktober 2022 | 21:37 WIB
header img
Ilustrasi tidur Foto: Ist

JAKARTA, iNewsPandeglang.idTidur merupakan suatu kebutuhan manusia untuk beristirahat. Dan sebagian orang ada yang mengalami susah tidur atau yang sering disebut dengan insomnia.

Tidur yang berkualitas dengan waktu yang cukup akan membantu kita untuk lebih produktif keesokkan harinya. Selain itu dengan tidur yang cukup dan berkualitas, akan mengurangi terkena penyakit kronis tertentu, serta meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Salah satu faktor eksternal, yang dapat membantu Anda untuk mengatasi susah tidur bisa didapatkan dari makanan. Meskipun camilan dilarang untuk dikonsumsi pada malam hari, namun ada beberapa camilan sehat yang bisa membuat kualitas tidur Anda menjadi lebih baik.

Dikutip dari eachnight, terdapat beberapa buah-buahan, kacang-kacangan dan sayuran yang bagus dikonsumsi menjelang tidur malam. Berikut ini ulasannya untuk Anda.

1. Pisang

Pisang tidak hanya buah manis yang bisa Anda ambil saat bepergian, tetapi juga sarat dengan nutrisi seperti vitamin B6 dan triptofan. Vitamin B6 dalam pisang bekerja untuk mengubah asam amino triptofan menjadi serotonin. Tubuh Anda menggunakan serotonin sebagai prekursor kimia untuk melatonin , hormon utama yang terlibat dalam mengatur siklus tidur-bangun. Tanpa melatonin yang cukup, sulit untuk tertidur; dengan demikian, makan pisang sebelum tidur dapat membantu Anda tertidur dengan mudah.

2. Edamame

Kacang edamame adalah pilihan malam yang baik untuk tidur karena membantu mengatur gula darah. Terkadang, ketika kadar glukosa Anda terlalu rendah atau tinggi, hal itu dapat menyebabkan gangguan tidur seperti keringat malam atau mimpi buruk . Namun, camilan renyah ini kaya akan magnesium, nutrisi yang terbukti meningkatkan kualitas dan durasi tidur bagi penderita insomnia. Belum lagi, edamame mengandung sejumlah besar protein dan serat untuk membuat Anda merasa kenyang sepanjang malam.

3. Wortel

Wortel kaya akan alfa-karoten, nutrisi yang terbukti meningkatkan durasi tidur Anda secara keseluruhan saat dikonsumsi dalam jumlah tinggi. Kekurangan nutrisi dapat membuat gangguan tidur seperti insomnia. Untungnya, wortel adalah salah satu sumber alfa-karton terbaik dan mengandung nutrisi lain untuk istirahat yang lebih baik, seperti kalsium. Mengkonsumsi lebih banyak kalsium dalam makanan Anda dapat membantu otak Anda memproduksi zat melatonin yang memicu tidur.

 4. Ceri

Ceri adalah makanan lain yang enak di malam hari karena kaya akan serat dan nutrisi yang meningkatkan tidur. Ceri yang lebih manis mengandung melatonin yang tinggi, hormon yang mengatur ritme sirkadian Anda. Di sisi lain, ceri asam bisa lebih baik untuk meningkatkan durasi tidur. Dalam sebuah penelitian baru-baru ini , partisipan mengalami tidur yang lebih lama dan lebih menyegarkan setelah mengonsumsi jus ceri asam. Para peneliti percaya ini bisa jadi karena ceri asam mengandung lebih sedikit gula dibandingkan dengan ceri yang lebih manis.

5. Alpukat

Alpukat adalah sumber potasium yang sangat baik. Satu buah alpukat mengandung potasium tiga kali lebih banyak daripada satu buah pisang. Ini sangat baik untuk meningkatkan kualitas tidur, karena asupan kalium dapat mengurangi berapa kali Anda bangun sepanjang malam. Juga, jumlah lemak tak jenuh yang tinggi dalam alpukat meningkatkan kadar serotonin, mengurangi perasaan cemas dan gelisah.

 

Editor : Iskandar Nasution

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut