get app
inews
Aa Read Next : Demi Tunaikan Salat Tarawih Berjemaah di Masjid Australia, WNI Tempuh Perjalanan Ratusan Kilometer

Kapal Membawa Imigran Ilegal Tenggelam di Malaysia, 1 WNI Tewas dan 35 Berhasil Diselamatkan

Selasa, 09 Agustus 2022 | 11:21 WIB
header img
Kapal Membawa Imigran Ilegal Tenggelam di Malaysia, 1 WNI Tewas dan 35 Berhasil Diselamatkan. Foto : Facebook APMM

SELANGOR, iNewsPandeglang.id  - Sebanyak 36 orang Pendatang Asing Tanpa Ijin (PATI) asal Indonesia berhasil diselamatkan petugas usai  kapal yang mereka tumpangi diduga mengalami kecelakaan.

Peristiwa terjadi pada  Senin, 8 Agustus 2022 seperti dikutip dari akun resmi Facebook Agensi Penguatkuasaan Maritim Malaysia bahwa Maritim Malaysia, Negeri Selangor berhasil menyelamatkan 36 PATI dari sebuah kapal tangki milik syarikat swasta, MV NCC Najem di posisi batu 23 nautika barat Pulau Ketam, Selangor.

Direktur Maritim Malaysia Negeri Selangor, Kepten Maritim Siva Kumar a/l Vengadasalam mengatakan bahwa pihaknya telah menerima informasi tersebut dari Maritime Rescue Sub Centre (MRSC) Johor Bahru sekitar pukul 2.23 dini hari waktu setempat.

Kapal PERKASA 36 Maritim Negeri Selangor, kapal Angkatan Laut Diraja Malaysia (TLDM) bersama kapal Pasukan Polisi Marin (PPM) diterjunkan ke lokasi untuk melakukan evakuasi.

"Hasil pemeriksaan ditemukan sebanyak 35 PATI Warga Negara Indonesia yang terdiri dari 28 laki-laki dan 7 perempuan berusia antara 22 hingga  51 tahun berhasil dialihkan ke ke kapal petugas penegak hukum bersama satu jenazah pria yang ditemukan oleh awak kapal tanker mengapung,"ungkapnya.

Namun kata dia, posisi kapal yang tenggelam belum ditemukan dan masih dalam penyelidikan petugas.

"Kapal yang mereka tumpangi diyakini tenggelam dalam upaya menyelundupkan orang ke Malaysia melalui jalur yang tidak dilaporkan,"katanya.

Ke-35 WNI tersebut  dibawa ke Dermaga Polisi Laut Pulau Indah selanjutnya  dibawa ke Kantor Maritim Selangor untuk penyelidikan lebih lanjut, sementara jenazah diserahkan ke polisi untuk diautopsi.

Maritime Malaysia menegaskan bahwa  yang ingin keluar atau masuk ke negaranya melalui jalur yang legal dan resmi karena sindikat penyelundupan PATI hanya ingin mencari keuntungan tanpa memperhatikan keselamatan jiwa.

Editor : Iskandar Nasution

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut