get app
inews
Aa Read Next : Gadaikan Mobil Belum Lunas, Warga Lingkungan Cidadap Kota Serang Masuk Bui

Guna Tingkatkan Ekonomi Masyarakat, Pemkab Serang Kembangkan Pertanian

Jum'at, 29 Juli 2022 | 20:51 WIB
header img
Guna Tingkatkan Ekonomi Masyarakat, Pemkab Serang Kembangkan Pertanian (Antara)

SERANG, iNewsPandeglang.id – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Serang, Provinsi Banten, mengembangkan komoditas pertanian guna meningkatkan pendapatan ekonomi masyarakat dan menyerap ribuan tenaga kerja.

 

"Kami berkomitmen untuk memprioritaskan pembangunan sektor pertanian," kata Bupati Kabupaten Serang Ratu Tatu Chasanah saat pembukaan sentra hasil bumi dan UMKM di Kecamatan Gunung Sari, Kabupaten Serang, Jum'at (29/7/2022).

 

Sektor pertanian di Kabupaten Serang, menurut dia, memiliki potensi cukup besar untuk dikembangkan sehingga mampu mengatasi pengangguran. Saat ini, lanjutnya, angka pencari kerja di kabupaten itu cukup tinggi dan perlu upaya meminimalisasi pengangguran diantaranya melalui bidang pertanian.

 

Selama ini, kata dia, sektor pertanian menyumbangkan Pendapatan Domistik Regional Bruto (PDRB) 10 persen setelah sektor industri dan infrastruktur dan pihaknya ingin lebih mengembangkan sektor pertanian masih banyak lahan luas. 

 

Produksi sektor pertanian Serang antara lain pisang, kelapa, beras, durian, ubi-ubian, hingga sayur-sayuran, yang bisa memenuhi kebutuhan konsumsi masyarakat.

 

"Kita menargetkan ke depan produksi hasil bumi bisa memenuhi pasar Jakarta," katanya.

 

Selain itu pihaknya juga mengembangkan sektor Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) seperti aneka kerajinan bambu, kuliner, serta batik, dan terus melakukan promosi melalui pameran baik dalam kabupaten hingga luar daerah.

 

Ia mengatakan produk UMKM itu juga dijual dengan memanfaatkan platform digital, sehingga dapat mendongkrak pendapatan. 

 

"Kami optimistis kehadiran Bapak Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan akan mendongkrak produk hasil bumi dan UMKM lebih berkembang, memberikan dampak ekonomi dan lampu menyerap lapangan pekerjaan masyarakat," kata Bupati Ratu Tatu Chasanah.

 

Sementara itu Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan mengatakan pemerintah daerah harus mengembangkan pemasaran produk hasil bumi dengan memanfaatkan platform digital, sehingga mampu menjembatani antara petani, pelaku UMKM, dengan pembeli.

 

"Kita meyakini jika produk hasil bumi dan pelaku UMKM dipasarkan melalui digital marketing dipastikan akan berkembang menjadi lebih bagus," ujar Mendag.

Editor : Iskandar Nasution

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut