get app
inews
Aa Read Next : Jalan Dipenuhi Lumpur, Puluhan Sepeda Motor Jatuh Terpeleset di Pandeglang

Irna Narulita Bupati Pandeglang, Cek Lapak Hewan Ternak

Jum'at, 01 Juli 2022 | 18:29 WIB
header img
Bupati Pandeglang, Irna Narulita (Foto Istimewa/iNews.id)

PANDEGLANG, iNewsPandeglang.id –Menyikapi munculnya suspect penyakit mulut dan kuku (PMK) pada hewan ternak, Bupati Pandeglang Irna Narulita bersama Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Pandeglang mengunjungi sejumlah lapak hewan ternak untuk mengecek kondisi hewan ternak.

Dalam kunjungannya itu, Bupati Pandeglang Irna Narulita mengecek setiap lapak hewan ternak sapi dan kambing di dua lokasi salah satunya di Kampung Tenjolaya dan Kadubanen, Kelurahan Kabayan, Kecamatan Pandeglang, Kabubanen Pandeglang. 


Irna Narulita Kunjungi Lapak Hewan Ternak. (Foto istimewa/Madani Prasetia)

Bupati Pandeglang, Irna Narulita mengatakan, dirinya mengunjungi beberapa lapak hewan ternak di Kabupaten Pandeglang untuk mengecek bahwa kondisi hewan ternak dalam kondisi sehat.

"Lapak-lapak se-Kabupaten Pandeglang hampir 50 lapak, mereka peternak atau pedagang harus patuh taat pada peraturan Pemerintah, SOP nya harus ditaati, kandang yang sehat, makanan yang cukup, hewan yang dijua untuk kurban harus sehat, jika ada terjangkit PMK segera hubungi Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Pandeglang," katanya, saat diwawancarai iNewsPandeglang.id, Jum'at (01/7/2022).

Irna menambahkan, selain itu hewan ternak yang masuk ke daerah Kabupaten Pandeglang harus membawa surat keterangan dan hewan ternak tersebut berasal dari daerah yang tidak menyebarkan wabah PMK.

"Merek masuk kesini harus ada keterangan, bahwa si sapi, si kerbau, si kambing, si domba itu sehat gitu yah, terus dari Kota mana dari Kabupaten mana, jadi kita ini harus berhati-hati, sedang kami bicarakan dengan pak Kapolres dan pak Dandim nanti mekanisme di lapangannya seperti apa masih menunggu dari TNI-POLRI untuk keluar masuknya hewan ternak," tambahnya.

Irna berharap, terus memotivasi kepada para pedagang terus memberikan semangat, bagi hewan ternak yang kurang sehat harus di isolasi terlebih dahulu, stok juga harus mencukupi dengan kondisi yang sehat.

"Kita terus berikan semangat memotivasi para pedagang, untuk hewan yang agak kurang sehat mohon untuk di isoman, stok juga harus tercukupi kondisinya yang sehat dan kita bisa menyelenggarakan Idul kurban," harapnya. 

Editor : Iskandar Nasution

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut