3 Kru WNA Inggris Terjebak di Tengah Laut, Tim Penyelamat Banten Turun Tangan Evakuasi Kapal Rusak

Epul Galih
Tim SAR Banten melakukan operasi penyelamatan tiga kru kapal Inggris yang terjebak di tengah laut akibat kerusakan kapal, setelah melakukan koordinasi dengan kapal SAMC Transporter. Foto Istimewa

CILEGON, iNewsPandeglang.id - Tim SAR Banten melakukan evakuasi terhadap tiga kru warga negara Inggris setelah kapal yacht mereka mengalami kerusakan di tengah laut. Operasi penyelamatan ini melibatkan koordinasi internasional dan upaya penyelamatan cepat.

Pada 13 September 2024, Kantor Pencarian dan Pertolongan Banten menerima informasi dari JRCC Australia tentang kapal yacht Water Music yang mengalami kerusakan di sebelah barat Pulau Cocos, Australia. Kapal tersebut, yang berbendera Inggris, terpaksa meminta bantuan setelah tiga kru di atasnya, yaitu Steven Foot (67), Ian Harrison (29), dan Richard Hill (65), menghadapi situasi darurat di laut.

Tim SAR Banten, dipimpin oleh Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Al Amrad, turun tangan untuk menjemput ketiga kru di titik koordinat yang telah disepakati. Operasi evakuasi dilakukan pada 17 September 2024 pukul 20.00 WIB dengan menggunakan KN SAR Tetuka, berkoordinasi dengan kapal SAMC Transporter yang sebelumnya telah mengevakuasi ketiga kru dan sedang dalam perjalanan ke Qingdao, China.

Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Banten, Al Amrad, menyatakan, “Kami telah melakukan koordinasi yang intensif dengan kru kapal dan pihak terkait untuk memastikan evakuasi berlangsung lancar. Kami berkomitmen untuk memberikan bantuan penyelamatan," katanya dalam keterangannya.

Editor : Iskandar Nasution

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network