Rumah Pensiunan PNS di Lebak Terbakar, 30 Karung Padi dan Berkas Penting Ludes

Sopian Suri
Sebuah rumah milik pensiunan PNS bernama Sayuti di Kampung Babakan, Desa Girimukti, Kecamatan Cimarga, Lebak, Banten, terbakar hebat pada Selasa, 10 September 2024. Kebakaran yang diduga akibat korsleting listrik. Foto Sopian Sauri

LEBAK, iNewsPandeglang.id Sebuah rumah milik pensiunan PNS bernama Sayuti di Kampung Babakan, Desa Girimukti, Kecamatan Cimarga, Lebak, Banten, terbakar hebat pada Selasa, 10 September 2024. Kebakaran yang diduga akibat korsleting listrik tersebut terjadi sekitar pukul 10.00 WIB dan menghanguskan seluruh isi rumah, termasuk 30 karung padi yang baru dipanen serta sejumlah berkas penting. 

Kebakaran bermula dari percikan api yang berasal dari bagian atas ruangan tengah rumah. Api dengan cepat menyebar karena atap rumah yang sebagian besar terbuat dari bambu dan kayu. Seluruh isi rumah hangus terbakar dalam kejadian tersebut, dengan kerugian diperkirakan mencapai Rp250 juta.

 


Petugas pemadam kebakaran berjibaku padamkan api. Foto Ist/Sopian Sauri

Petugas pemadam kebakaran yang dibantu warga setempat segera berupaya memadamkan api. Satu unit armada pemadam kebakaran diterjunkan, dan proses pemadaman berlangsung selama satu jam.

Yuyun, anak pemilik rumah, menjelaskan bahwa saat kejadian, adiknya yang sedang berada di kamar mandi mendengar suara percikan api dari ruangan tengah. Ia segera menolong ayahnya, Sayuti, yang sedang berbaring sakit di kamar. "Kami langsung menyelamatkan bapak, dan warga langsung membantu memadamkan api sebelum petugas damkar tiba," ujar Yuyun.

Evi Hermawan, PLT Kasi Damkar Satpol PP Lebak, mengatakan bahwa dugaan awal kebakaran disebabkan oleh korsleting listrik. "Korsleting listrik menjalar ke bahan-bahan yang mudah terbakar, seperti bambu dan kayu. Beruntung tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini," ungkap Evi. Ia juga mengimbau warga untuk lebih berhati-hati dalam penggunaan instalasi listrik.

Meski tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut, kerugian material cukup besar, termasuk 30 karung padi yang baru dipanen dan berkas-berkas penting milik keluarga Sayuti. Petugas pemadam kebakaran mengimbau masyarakat untuk melakukan pengecekan rutin pada instalasi listrik guna menghindari kejadian serupa.

Editor : Iskandar Nasution

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network