Jurusan IPA, IPS dan Bahasa di SMA Dihapus Mulai Tahun Ajaran 2024/2025, Apa Sebabnya?

Widya Michella
Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) menghapus jurusan IPA, IPS, dan Bahasa di Sekolah Menengah Atas (SMA) mulai tahun ajaran 2024/2025. (Foto: Ilustrasi/Sindonews)

JAKARTA, iNewsPandeglang.id - Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) menghapus jurusan IPA, IPS, dan Bahasa di Sekolah Menengah Atas (SMA) mulai tahun ajaran 2024/2025. Hal ni merupakan bagian dari implementasi Kurikulum Merdeka.

Kepala Badan Standar Nasional Kurikulum dan Asesmen Pendidikan (BSKAP) Kemendikbudristek, Anindito Aditomo, menjelaskan bahwa penghapusan jurusan ini bertujuan untuk memberikan kebebasan lebih kepada siswa dalam memilih mata pelajaran sesuai minat dan rencana karier mereka. 

"Pada tahun ajaran 2024 ini  tingkat penerapan Kurikulum Merdeka telah mencapai 90-95% untuk SD, SMP, dan SMA/SMK. Murid yang bersekolah di SMA yang menerapkan Kurikulum Merdeka dapat memilih mata pelajaran sesuai dengan minat dan aspirasi mereka," kata Anindito belum lama ini.

Contohnya, siswa yang berencana melanjutkan studi di bidang teknik dapat memilih mata pelajaran matematika tingkat lanjut dan fisika tanpa harus mengambil biologi. Sebaliknya, siswa yang ingin berkuliah di kedokteran bisa memilih mata pelajaran biologi dan kimia tanpa harus mempelajari matematika tingkat lanjut.

Anindito menambahkan bahwa penghapusan jurusan bertujuan untuk menghilangkan diskriminasi yang mungkin terjadi antara jurusan IPA, IPS, dan Bahasa. "Dengan Kurikulum Merdeka, semua lulusan SMA dan SMK memiliki kesempatan yang sama untuk melamar ke semua program studi melalui jalur tes, tanpa dibatasi oleh jurusan mereka di SMA/SMK," ujarnya.

Editor : Iskandar Nasution

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network