Menhan Prabowo Ungkap Empat Komitmen Indonesia Bantu Gaza

Riana Rizkia
Menhan Prabowo Subianto pada konferensi tingkat tinggi “Call for Action: Urgent Humanitarian Response for Gaza” di Amman, Yordania, Selasa (11/6/2024). (Foto dok pribadi Prabowo).

JAKARTA, iNewsPandeglang.id - Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto mengungkap empat komitmen Indonesia untuk membantu rakyat Gaza, Palestina. Dalam pidatonya mewakili Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) pada konferensi tingkat tinggi “Call for Action: Urgent Humanitarian Response for Gaza” di Amman, Yordania, Selasa (11/6/2024), Prabowo menjelaskan langkah-langkah konkret yang akan diambil Indonesia.

Pertama, pemerintah Indonesia akan meningkatkan kontribusi kepada Lembaga Bantuan dan Pekerjaan PBB untuk Pengungsi Palestina (UNRWA). Hal ini merupakan bagian dari upaya Indonesia untuk memberikan dukungan lebih besar kepada pengungsi Palestina yang berada di bawah naungan UNRWA.

Kedua, Indonesia berkomitmen untuk mengirimkan lebih banyak tim medis dan rumah sakit lapangan ke Gaza. Indonesia juga telah siap mengirimkan kapal rumah sakit dan berpartisipasi dalam pengiriman bantuan melalui udara (airdrop) ke Gaza jika dibutuhkan

Ketiga, Indonesia bersedia menerima hingga 1.000 pasien dari Gaza untuk dirawat di rumah sakit di Indonesia. Para pasien akan dipulangkan setelah mereka sembuh dan situasi di Gaza kembali normal.

Keempat, Indonesia siap menyediakan perawatan pasca-trauma dan pendidikan untuk anak-anak Gaza. Anak-anak tersebut akan dipulangkan saat  situasi di Gaza stabil kembali.

Prabowo menekankan bahwa meskipun Indonesia siap mendukung dan berkontribusi dalam berbagai upaya kemanusiaan ini, solusi akhir untuk masalah Palestina adalah penerapan solusi dua negara. "Hanya dengan solusi dua negara, Palestina serta Israel dapat hidup berdampingan secara aman dan tenteram, masalah ini dapat diselesaikan," katanya.

Editor : Iskandar Nasution

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network