Mudik Lebaran 2024, BPTD Kelas II Banten Sebut Ada 60 Kapal di Merak, 5 di Antaranya Belum Layak

Iskandar Nasution
Angkutan Lebaran 2024 di lintasan Penyebrangan Merak-Bakauheuni. Foto iNews/Iskandar Nasution

MERAK, iNewsPandeglang.id - Balai Pengelolaan Transportasi Darat (BPTD) Kelas II Banten menyebut bahwa dari enam puluh enam kapal yang berada di lintasan Merak Bakauheni, lima kapal di antaranya tidak dapat melayani angkutan Lebaran 2024. Lima kapal tersebut sedang mengalami proses docking. 

Menurut Kepala BPTD Kelas II Banten, Benny Nurdin Yusuf, dari enam puluh enam kapal tersebut, terdapat lima kapal yang sedang dalam proses perbaikan.Kelimanya dinyatakan belum layak untuk melayani angkutan Lebaran setelah BPTD melakukan ramp check terhadap seluruh kapal di lintasan Merak Bakauheni. 

"Setelah melakukan ramp check terhadap seluruh kapal di lintasan Merak-Bakauheni, kelima kapal tersebut dinyatakan belum layak untuk melayani angkutan Lebaran," ujarnya Minggu (31/5/2024).

Namun, BPTD juga menyebut bahwa kapal RoRo yang efektif dan dapat melayani angkutan Lebaran telah lulus uji petik setelah ramp check. Sebanyak enam puluh satu kapal RoRo akan ditempatkan di tiga pelabuhan, yaitu Pelabuhan Penyeberangan Merak, Pelabuhan Indonesia (Pelindo) Regional 2 Banten di Ciwandan, dan Pelabuhan Bandar Bakau Jaya (BBJ) di Bojonegara.

"Selain kesiapan sarana kapal penyeberangan, sarana dan prasarana di tiga pelabuhan untuk angkutan Lebaran pada arus mudik tahun ini juga telah memadai sehingga dapat melayani pemudik yang hendak menyeberang antar Pulau Jawa dan Sumatera," pungkasnya.

 

Editor : Iskandar Nasution

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network