Libur Lebaran, Ini 6 Hal yang Harus Dicek pada Mobil Sebelum Mudik Pakai Kendaraan Pribadi

Epul Galih
Ilustrasi mengecek kendaraan pribadi sebelum mudik. Foto Freepik

4. Kelistrikan dan Ban

Memeriksa tekanan angin pada semua ban, termasuk ban cadangan, sangat penting sebelum melakukan perjalanan jarak jauh. Tekanan angin yang tepat pada ban tidak hanya mempengaruhi kenyamanan berkendara, tetapi juga keselamatan Anda dan penumpang. 

Tekanan angin yang tidak sesuai dapat menyebabkan ban aus secara tidak merata, overheating, atau bahkan pecah selama perjalanan. Pastikan ban dalam kondisi baik tanpa retakan atau kebocoran. Selain itu, pastikan juga kelistrikan mobil berfungsi dengan baik, termasuk sistem pengisian aki dan kelistrikan lainnya.

5. Rem dan Kaki-Kaki
Periksa kualitas rem, termasuk kampas rem dan cakram, serta sistem kaki-kaki mobil. Pastikan tidak ada bunyi aneh atau getaran saat menginjak pedal rem dan pastikan roda berputar secara lancar.

6. Kelengkapan dan Peralatan Darurat
Pastikan Anda membawa kelengkapan dan peralatan darurat di dalam mobil, seperti ban serep, dongkrak, segitiga pengaman, dan alat pertolongan pertama.

Dengan memeriksa semua hal tersebut sebelum memulai perjalanan mudik, Anda dapat memastikan keamanan dan kenyamanan perjalanan Anda bersama keluarga selama liburan Lebaran.

Editor : Iskandar Nasution

Sebelumnya

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network