Harga Sembako Terlalu Mahal, Pedagang di Pandeglang Merugi

Iskandar Nasution
Harga Sembako Terlalu Mahal, Pedagang di Pandeglang Merugi. Foto iNews/Iskandar Nasution

PANDEGLANG, iNewsPandeglang.id - Melambungnya harga berbagai jenis cabai dan bahan pokok di pasar tradisional berdampak buruk terhadap daya beli masyarakat. Para pedagang di pasar badak Pandeglang, Banten mengaku mengalami penurunan omset hingga merugi dampak buruk melambungnya harga sembako tersebut.

Seperti di pasar tradisional Badak Pandeglang, Banten seperti berbagai jenis cabai dan bahan pokok lainnya. Dari  hasil pantauan di pasar pada Kamis (30/11/2023), harga cabai oren mencapai 100 ribu rupiah yang sebelumnya hanya dikisaran harga Rp50 ribu  per kilogramnya.

Harga cabai merah kriting saat ini mencapai Rp100 ribu dari sebelumnya dijual dengan harga Rp40 ribu  per kilogram. Cabai rawit hijau dijual dengan Rp60 ribu  dari sebelumnya hanya dikisaran Rp30 ribu  per kilogram.

Sementara itu, harga telur di pasar tradisional Badak Pandeglang mencapai Rp27 ribu per kilogram dari sebelumya dijual dengan harga Rp24 ribu. Sedangkan harga gula saat ini mencapai Rp17 ribu  per kilogram yang sebelumnya hanya dikisaran Rp14 ribu per kilogram.

Rohim, Salah seorang pedagang cabai mengatakan bahwa kenaikan berbagai jenis cabai sudah berlangsung dalam satu pekan terkahir. Akibat kenaikan tersebut ia pun mengaku harus mengalami penurunan omset yang sangat drastis. "Kenaikan harga cabai tersebut akibat pergantian musim dari kemarau ke musim hujan yang menyebabkan hasil panen yang berkurang," katanya.

Hal serupa juga dikeluhkan pedagang bahan pokok H. Iyus  mengaku harus mengalami penurunan omset hingga tujuh juta rupiah dalam sehari. "Hal itu dikarenakan sepinya pembeli akibat naiknya harga telur dan gula yang sudah berlangsung selama dua pekan terkahir," tuturnya.

Para pedagang berharap agar pemerintah segera turun tangan mengatasi kenaikan jenis cabai dan bahan kebutuhan pokok di pasar tradisional Badak Pandeglang.

Editor : Iskandar Nasution

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network