Kocak! Momen Hansip Dilatih PBB oleh Bupati Irna, Bikin Kesal Sekaligus Ketawa

Epul Galih
Bupati Pandeglang Irna Narulita mengajarkan PBB kepada Linmas Kabupaten Pandeglang. Foto IG

PANDEGLANG, iNewsPandeglang.id - Baru-baru ini Bupati Pandeglang Irna Narulita  terekam kamera tengah sibuk mengajarkan ilmu PBB atau Pasukan Baris Berbaris kepada para Pertahanan Sipil (Hansip) atau saat ini dikenal dengan sebutan Perlindungan Masyarakat (Linmas). Dalam unggahan instagram @irnadimyati pada Jumat (8/9/2023) Bupati Irna menjadi komandan PBB Linmas Kabupaten Pandeglang di Kecamatan Sukaresmi.

"Ke cikole beli ikan mas, beli ikan yang besar sekali, tetap semangat para anggota linmas. Jaga lingkungan masyarakat tertib aman terkendali. Biasa lihat yang baris-berbaris kali ini ibu coba jadi komandan Linmas latihan baris-berbaris,"tulisnya dalam postingan itu.

Dikatakan Irna, ternyata gampang-gampang susah capek juga ada ingin tertawa para anggota Linmas kocak semua. "Kalau anggota linmasnya kocak semua seperti ini. Terimakasih atas pengabdianmu para anggota linmas, kalian luar biasa," ungkap Irna.

Para Linmas  yang terdiri dari beragam usia tersebut, diberi latihan mulai dari teknik dasar PBB hingga sikap yang benar saat berbaris. Saat memberi pelatihan, Irna juga nampak begitu tegas.

"Kita latihan baris berbaris, siap grak!, lencang depan grak, luruskan Tarmin (Ketua pasukan).  Langkah tegak maju jalan!," ucap Irna.

Tampak ada yang memulai dari kaki kiri terlebih dahulu, ada yang memulai dari kaki kanan. Setelah selesai memberi pelatihan, Irna juga mengajarkan cara jalan di tempat. Namun nampaknya, tidak semua anggota Hanisp menyerap informasi dan penjelasan secara baik. Sehingga saat diberikan komandan jalan ditempat, kaki mereka bergerak tidak senada.

"Jalan di tempat grak. Behenti grak. Tuh saat  graknya berhenti kudu di kaki kiri," tutur Irna.

Irna mengatakan, dalam momen istirahat memerintahkan kepada ketua pasukan Tarmin untuk memberikan arahan kepada personilnya.

"Bubar barisan jalan," ucap Tarmin.

"Can angges eta perintah perang ini (belum selesai ini perintah perang)," timpal Irna

"Istirahat ditempat grak," kata Tarmin.

"Pak tugas linmas  tugasnya nih kalau ada orang lahiran , marawuntu (sakit gigi) maraweteng (sakit perut), randa (janda)  tapi yang umur 70 tahun randanya yah  itu tugasnya bapak ya tolong dimengerti, tegak grak!," ucap Tarmin.

"Terus tugasnya itu yang janda 70 tahun dinaonkeun (dibagaimanakan) kata Irna ke Tarmin.

"Dipiceun Bu.. (dibuang)," timpal Tarmin

 "Ulah etamah (jangan itu) lansia umur produktif harus diajak mengaji," jawab Irna.

"Dibere duit (dikasih uang)," ujar Tarmin.

"Pasukan-pasukan hebat bubar jalan," ucap Irna.

Editor : Iskandar Nasution

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network