Kapal Mutiara Berkah Terbakar, KNKT Turunkan Tim Investigasi

Iskandar Nasution
Investigator Pelayaran KNKT, Bambang Safari Alwi bakal melakukan investigasi terkait penyebab kapal KMP Mutiara Berkah 1 yang terbakar di Pelabuhan Indah Kiat, Cilegon, Banten. Foto iNews/Iskandar Nasution

Menurutnya, untuk mengetahui penyebab pasti peristiwa itu,  pihaknya sesuai SOP memremerlukan waktu paling cepat 90 hari hingga setahun  untuk melakukan investigasi tersebut. 

"KNKT diatur Undang-undang dalam melakukan investigasi, paling cepat 3 bulan dan paling lama setahun. Jadi sebenarnya untuk kecelakaan ini kita sudah sering kali mengalami untuk kapal-kapal penyebrangan, apakah ini sama? nanti kita akan investigasi, untuk saat ini kami belum bisa menjawab karena datanya masih belum ada sama sekali," tuturnya.

Bambang menambahkan, pihaknya juga akan berkoordinasi dengan melakukan wawancara terhadap perusahaan, manajemen Pelabuhan Indah Kiat.

"Kita juga akan melakukan pemeriksaan terhadap pengelola pelabuhan, bagaimana standar pelabuhannya, SOPnya kita akan melakukan wawancara lah untuk pengumpulan data semacam itu," katanya.

"Tujuannya adalah  untuk perbaikan. KNKT tidak mencari yang siapa yang bersalah, bertanggung jawab jadi KNKT semata-mata mencari tahu akar permasalahannya. Apasih penyebabnya? Karena kita tahu saat itu kapal belum berlayar katanya lagi.

(EG)

Editor : Iskandar Nasution

Sebelumnya

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network