Kapal Mutiara Berkah 1 Terbakar di Pelabuhan Indah Kiat, 8 Mobil Damkar dan 4 Tughboat Dikerahkan

Iskandar Nasution
Danlanal Banten, Kolonel Laut (P) Dedi Komarudin. Foto iNews/ Iskandar Nasution

CILEGON, iNewsPandeglang.id - Kebakaran terjadi di Kapal KMP Mutiara Berkah 1 di Pelabuhan Indah Kiat, Kecamatan Pulomerak, Kota Cilegon, Banten pada Rabu (6/9/2023). Sebanyak 8 unit mobil pemadam kebakaran  dan 4 Kapal Tughboat tengah memadamkan apinya.

Danlanal Banten, Kolonel Laut (P) Dedi Komarudin mengatakan, terdapat 135 truk yang berada di dalam kapal tersebut. Sementara untuk pemadaman dikerahkan 8 mobil pemadam dan 4 tughboat dari sisi lautl. Petugas mengalami kendala dalam pemadaman yakni ketersediaan air.

"Sementara ini kesulitan kita dalam evakuasi pemadaman yaitu dari suplay air mobil pemadam dan kita menggunakan 4 tughboat dari sisi laut. Kemudian untuk semua penumpang sudah berhasil dievakuasi ke luar," ucapnya.

Pemadaman kata Dedi, terus diintensifkan dari darat dan dari laut menggunakan tughboat. Adapun saat ini kondisi masih aman menurutnya kapal tidak akan di geser ke tengah laut.

"Untuk dugaan penyebab kebakaran saat ini masih dalam penyelidikan, yang kita utamakan saat ini pemadaman dulu," tuturnya.

Sebelumnya, Kepala Bagian Operasi Ditpolairud Polda Banten AKBP Akhmad Hidayanto mengatakan, dalam insuden ini tidak ada korban jiwa semua penumpang berhasil dievakuasi, meski demikian menurutnya penyebab pasti kebakaran sedang dalam penyelidikan petugas.

"Alhamdulillah untuk sementara belum ada informasi korban jiwa semua sudah dievakuasi. Kapal akan berangkat ke Sumatera. Untuk penanganan kebakaran, Kami sudah koordinasi dengan Pelindo, dengan Pemadam Kota Cilegon, dan seluruh unsur yang mempunyai pemadam kebakaran,” katanya.

 

Editor : Iskandar Nasution

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network