SPAM KSPN Tanjung Lesung Rampung, Yuk! Intip Cara Kerjanya

Epul Galih
SPAM KSPNTanjung Lesung yang berada Desa Karyasari, Kecamatan Sukaresmi, Pandeglang, Banten telah rampung bisa penuhi kebutuhanair bersih ratusan ribu rumah. Foto Istimewa

PANDEGLANG, iNewsPandeglang.id - Pembangunan SPAM (Sistem Penyediaan Air Minum)  Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) Tanjung Lesung yang berada Desa Karyasari, Kecamatan Sukaresmi, Pandeglang, Banten telah rampung dibangun. Kini  sudah mulai diuji cobakan sebelum didistribusikan kepada masyarakat. 

Water Teatment Plant (WTP) atau Instalasi pengolahan air (IPA) dari Sistem Pengelolaan Air Minum (SPAM)  yang berkapasitas 100 liter perdetik dari air baku aliran Sungai Ciliman.


Bupati Pandeglang Irna Narulita mengunjungi Desa Karyasari dalam acara uji coba SPAM KSPN Tanjung Lesung. Foto Istimewa

 

Yoza Habibi Kepala Balai Prasarana Permukiman Wilayah Banten menyatakan bahwa saat ini serah terima pengelolaan lebih dulu kepada pemda lantaran untuk serah terima aset memerlukan proses panjang.

Yosa menjelaskan SPAM KSP Tanjung Lesung yang berkapasitas 100 liter perdetik sudah selesai 100 persen yang dikerjakan  dari air baku aliran Sungai Ciliman yang diolah melalui IPA masuk ke reservoir kemudian disalurkan tower air Cikadu lewat  jaringan pipa.

"Jaraknya 34 kilometer  sampai ke Cikadu, yang sekarang kita kelola baru 100 liter/detik, kebutuhan nya 200 liter/detik, ke depan kita kembangkan lagi sisanya," katanya Senin, (26/6/2023).

Sementara Direktur Perumdam Euis mengatakan kesipan untuk mengelola SPAM Tanjung Lesung karena Sumberdaya Manusia (SDM) Perumdam juga sudah mengikuti pelatihan terlebih dahulu.

"SDM  kita sudah terlatih insya Allah sudah siap, perpipaan sudah siap di 10 Desa tersebut," ungkapnya.

Editor : Iskandar Nasution

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network