Dipercaya Jadi Pelatih Timnas Indonesia untuk Piala Dunia U-17 2023, Ini Profil Bima Sakti

Ibnu Hariyanto
Bima Sakti dipercaya jadi pelatih Timnas Indonesia untuk Piala Dunia U-17 2023. Foto instagram @bimasakti_tukiman

Dalam kurun  waktu 1994  pria yang lahir di Balikpapan, Kalimantan Timur, pada 23 Januari 1976 kariernya yang cemerlang itu malang melintang di klub-klub Liga Indonesia seperti Pupuk Kaltim, Pelita Jaya, Pelita Solo, PSM Makassar, Gresik United, Persiba Balikpapan, Perseba Bangkalan, PSPS Pekanbaru hingga Mitra Kukar.

Lalu, memutuskan untuk pensiun dari sepak bola di tahun 2017. Saat itu, timnas Indonesia hanya mampu juara 3 di SEA Games 2017. Tak hanya itu, mereka juga harus tersingkir di babak 16 besar Asian Games 2018.

Pada 2020, Bima Sakti berhasil  membawa timnas Indonesia U-16 ke putaran final Piala AFC U-16 2020. Selama berkarier sebagai pesepakbola profesional, Bima Sakti berhasil mengantarkan PSM Makassar menjuarai Liga Indonesia musim 1999-2000.

Di masa kejayaaanya sebagai pemain, Bima Sakti merupakan kapten timnas Indonesia. Dia juga dikenal sebagai gelandang tangguh dan ditakuti lantaran mempunyai  kemampuan tendangan bebas yang akurat. 

Bima Sakti melengkapi kesuksesan di sepak bola setelah menukangi Timnas Indonesia U-16 dengan merebut juara di Piala AFF 2022. Kini, Timnas Indonesia U-17 yang menjadi tuan rumah sekaligus bakal mentas di ajang paling bergengsi Piala Dunia U-17 menanti tuah tangan dinginnya membawa Garuda Nusantara Mendunia.

Editor : Iskandar Nasution

Sebelumnya

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network