TPU di Pandeglang Tergenang Banjir, Warga Sulit Ziarah saat Lebaran

Iskandar Nasution
Tempat Pemakaman Umum di Kampung Soge, Kecamatan Panimbang, Pandeglang, Banten sebagian makam tergenang banjir sehingga menyulitkan warga untuk berziarah. Foto iNews/Iskandar Nasution

PANDEGLANG, iNewsPandeglang.id - Momen Idul Fitri ratusan warga melaksanakan tradisi ziarah kubur di Tempat Pemakaman Umum di Kampung Soge, Kecamatan Panimbang, Pandeglang, Banten. Namun sebagian makam tergenang banjir sehingga menyulitkan warga untuk berziarah.
 
Dari pantauan di lokasi pada Sabtu, (22/4/2023) di TPU Janur Kuning, Kampung Soge, Desa Panimbang Jaya tampak sebagian makam tergenang air, meski begitu terlihat pula warga ziarah bukan di atas kuburan namun pada tempat yang tidak tergenang air.


TPU di Pandeglang Tergenang Banjir, Warga Sulit Ziarah saat Lebaran. Foto iNews/Iskandar Nasution

 

Pihak keluarga peziarah tetap melakukan ziarah kubur di TPU tersebut. Mereka datang dari berbagai daerah dan sempat terkejut melihat kondisi makam keluarga yang tergenang air. Apalagi di hari raya Idul Fitri 1444 Hijriah ini banyak peziarah yang datang ke makam tersebut.

Penyebab makam tergenang air  akibat sering diguyur hujan dan menyebabkan air sulit mengering, apalagi di sekeliling makam tersebut sudah banyak bangunan yang menutup jalur air. Minimnya drainase dan diduga  kurang perhatian dari masyarakat membuat makam sering tergenang banjir.

Enje salah seorang penjaga makam mengaku di saat Hari Raya Idul FItri seperti ini banyak peziarah asal luar kota yang datang ke tempat ini. Mereka terkejut melihat kondisi makam keluarganya tergenang air, tak jarang mereka memarahi dirinya dan meminta agar warga segera menguras air pemakaman tersebut. " Sering dapat komplainan," ucapnya.

Kondisi tersebut, tak jarang ada jenaxah dikubur dalam posisi bertindihan dengan jenazah sebelumnya agar jenazah bisa dimakamkan.

Sementara Satibi salah seorang peziarah  mengatakan, dirinya tiap tahun datang ke tempat tersebut. "Setiap tahun ziarah keluarga saya di sini," tuturnya.

Warga berharap kepada Pemerintah Daerah segera membuat jalur pembuangan air agar tidak selalu tergenang ketika turun hujan, apalagi setiap hari selalu ada saja jenazah yang dimakamkan di tempat tersebut yang membutuhkan lahan untuk dimakamkan.

Editor : Iskandar Nasution

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network