Terungkap! Orang Miskin Duluan Masuk Surga Ketimbang Orang Kaya, Begini Penyebabnya

Melati Septyana Pratiwi
Orang Miskin Lebih Dulu Masuk Surga,

JAKARTA, iNewsPandeglang.id -  Golongan yang akan masuk surga lebih duluan adalah orang miskin ketimbang orang kaya. Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam  menyebut  tak hanya orang yang beriman,  orang  yang  lebih dahulu masuk surga  orang miskin.

Kendati hanya mempunyai waktu jeda setengah hari lebih awal, namun perhitungan waktu di dunia dan akhirat itu berlainan bahkan sangat jauh bedanya.

 

عن أبي هريرة قال قال رسول الله صلى الله عليه وسلم يَدْخُلُ فُقَرَاءُ الْمُؤْمِنِينَ الْجَنَّةَ قَبْلَ الأَغْنِيَاءِ بِنِصْفِ يَوْمٍ خَمْسِمِائَةِ عَامٍ


"Dari Abu Hurairah radhiyallahu anhu, ia berkata, Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam bersabda, 'Orang-orang beriman yang fakir kelak akan masuk surga terlebih dahulu setengah hari yang setara 500 tahun lamanya daripada orang kaya'." (HR Ibnu Majah)

Lantas orang miskin yang mana yang lebih dahulu masuk surga? bicara soal miskin, sebenarnya tidak sembarangan orang miskin bisa masuk surga lebih dulu. Adalah mereka  yang beriman dan ikhlas dengan ketentuan Allah SWT semasa di dunia.  Ada kriteria tertentu yang menyebabkan keistimewaan itu terjadi.

Penyebab Orang Miskin Lebih Dulu Masuk Surga

Ada sebab yang membuat orang miskin bisa lebih cepat masuk surga sesuai sabda Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam. Dikutip dari nu.or.id, ini hanya berlaku untuk mereka yang tidak mampu memenuhi kebutuhan hidup. 

Selain itu, walaupun dilanda kekurangan, fakir miskin juga menjauhi perbuatan dosa besar serta maksiat lahir batin.

هم المحتاجون الذين ليس لهم كفايتهم وليسوا مرتكبين كبيرة من المعاصي هذا ما ظهر لنا


"Mereka yang berhajat pada sesuatu namun tidak dapat memenuhi keperluannya dan mereka tidak mengerjakan salah satu dosa besar dari sekian banyak maksiat. Ini (sifat orang miskin yang dimaksud) yang jelas pada kami."

Begitulah penjelasan dari Imam An-Nawawi tentang kriteria orang miskin yang masuk surga lebih dulu. Intinya, ada penyebab tertentu agar hal itu dapat terjadi dan bukan sembarang orang miskin.

Wallahu a'lam bisshawab. 

Artikel ini telah tayang di halaman okezone.com dengan judul Orang Miskin Lebih Dulu Masuk Surga, Terungkap Ini Penyebabnya

Editor : Iskandar Nasution

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network